Kamis, 25 April 2024

Disperkim Bangun 200 Rumah di Dompak

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Provinsi Kepri, Heru Sukmoro mengatakan Pemprov Kepri terus menggesa Pembangunan Dompak yang merupakan Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri. Apabila tidak perubahan, tahun depan akan dibangun 200 rumah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kepri tahun 2018 mendatang.

“Saat ini, kami tengah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kepri. Yakni menyangkut legalitas tanah di Dompak,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kepri, Heru Sukmoro menjawab pertanyaan Batam Pos, Minggu (2/4) di Tanjungpinang.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri tersebut menjelaskan, perumahan yang dibangun nanti, khusus bagi pegawai yang belum punya rumah. Dalam Pembangunan nanti, tetap akan bekerjasama dengan pihak bank. Menurut Heru, Pembangunan yang dilakukan nanti juga untuk mendukung kinerja pegawai tentunya.

“Bukan diberikan gratis, tetapi tetap melalui pembiayaan dengan pihak Bank,” tegas Heru.

Ditambahkan Heru, untuk pentaaan Dompak, lewat APBD 2017 ini, pihaknya fokus pada pembenahan lift dan ruang pertemuan Masjid Raya Dompak, Tanjungpinang. Dijelaskan Heru, perbaikan lift Masjid Dompak memang sudah menjadi satu kebutuhan. Karena itu menjadi daya tarik masyarakat untuk datang ke Dompak.

“Dompak memang dirancang sebagai pilot projek. Karena merupakan pusat pemerintahan Provinsi Kepri,” tutup Heru.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun pernah mengatakan Pemerintah Provinsi Kepri juga sudah punya mimpi-mimpi besar untuk menata Pulau Dompak kedepannya. Seperti adanya gagasan akan dibangunya Stadion Sepakbola yang berstandar internasional di Pulau Dompak.

“Tentu keinginan tersebut harus dilakukan secara bertahap. Karena tergantung pada kemampuan anggaran daerah,” papar Nurdin.

Menurut Nurdin, Pusat Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kepri, Pulau Dompak, Tanjungpinang akan dirancang elegan Nurdin juga mulai memimpikan Pulau Dompak memiliki infrastruktur yang menjanjikan. Sehingga menjadi magnet baru bagi perkembangan Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang.

“Pembangunan Dompak sebagai Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri tentunya menjadi prioritas kedepan. Karena ini akan menjadi semangat baru bagi kemajuan Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri,” jelas Nurdin.

Disebutkannya, semasa almarhum Gubernur Kepri, Muhammad Sani masih hidup, juga menitipkan tanggungjawab pembangunan Dompak kepada dirinya. Bagi Nurdin, amanah tersebut menjadi tanggungjawab moral yang harus diselesaikannya. Apalagi dirinya yang akan menjadi suksesor almarhum Muhammad Sani.

“Almarhum juga sudah memerintahkan kepada saya untuk melakukan pembangunan di Dompak. Tentu ini tanggungjawab yang harus diselesaikan,” jelas Nurdin.

Menurut Mantan Bupati Karimun tersebut, jika Amerika ada New York, Washington dan Boston. Ia mengibaratkan, Dompak adalah Washington. Atas dasar itu, Pulau Dompak harus disulap dengan berbagai fasilitas pendukung. Baik itu pelabuhan transportasi, pelabuhan bongkar muat. Selain itu disepanjang jalan juga harus ada taman-taman bunga.

“Kita harus menjadikan Dompak enak dipandang mata. Dengan taman-taman yang indah disepanjang jalan. Ini yang harus kita rancang kedepannya,” tutup Nurdin.(jpg)

Update