Selasa, 19 Maret 2024

Kasus Belum Terungkap, Polisi Akan Gali Kubur Chyntia

Berita Terkait

batampos.co.id – Masih ingat kasus pembunuhan Try Chintya Prasetya, wanita muda yang jenazahnya ditemukan di parit Hotel Vista, Batam?. Polisi berencana menggali kuburannya untuk mengambil DNA janin dalam kandungan Chintya.

“Perkembangan dari hasil penyelidikan kasus pembunuhan tahun 2015 itu ada tiga korban. Satu diantaranya sudah dalam persidangan yakni Nia. Hingga saat ini, masih ada dua korban lagi yang belum terungkap,” ujar Kapolresta Barelang, Kombes Pol Helmy Santika, Sabtu (2/4/2017) lalu.

Dari hasil penyelidikan dua kasus yang belum terungkap tersebut, penyidik telah menemukan beberapa petunjuk dalam kasus pembunuhan Chintya. Salah satu petunjuk itu adalah ketika penyidik mengetahui Chintya meninggal dalam kondisi hamil.

“Tentunya penyidik berencana menggali makamnya untuk mengambil DNA dari janin bayi yang informasinya telah berusia enam sampai tujuh bulan itu,” katanya.

Dikatakan Helmy, perkembangan penyelidikan hingga saat ini telah mengarah pada satu nama. Ia tidak lain adalah Wardiaman Zebua, yang saat ini statusnya telah menjadi terpidana seumur hidup atas pembunuhan Nia.

Adapun dugaan tersangka pembunuhan Chyntia mengarah pada Wardiaman Zebua berdasarkan dari pola luka pada tubuh Chintya dan waktu kejadiannya juga hampir sama dengan kasus pembunuhan Nia. Selain itu, Wardiaman juga diketahui berada di lokasi kejadian pada saat itu.

“Ini harus di ambil DNA nya, kemudian di cocokkan dengan Wardiaman, apakah dia bapak biologis dari janin yang didalam kandungan itu. Jika nantinya ada kecocokan, ini akan membuat penyidik tambah yakin jika saudara Wardiaman tersangkanya,” tuturnya.

Namun, jika nantinya DNA dari janin itu menunjukkan ketidak cocokan, tentunya penyidik akan kembali melakukan penyelidikan lebih mendalam lagi dengan beberapa petunjuk yang telah dikumpulkan selama dua tahun ini.

“Jika tidak (cocok), penyidik akan bekerja kembali untuk mencari dugaan tersangka lain yang menyebabkan meninggalnya chyntia,” imbuhnya. (cr1)

Update