Sabtu, 20 April 2024

Kembangkan Taekwondo, YUTI Jalin Kerjasama dengan Kukkiwon

Berita Terkait

Grand Master Lioe Nam Khiong, Presiden Kukkiwon Oh Hyun Deuk dan Ketua Umum UTI Pro, Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi foto bersama usai penandatanganan nota kesepahaman antara antara Yayasan Universal Taekwondo Indonesia (YUTI) dengan Kukkiwon World Taekwondo Headquarters di Hotel Grand Melia Kuningan Jakarta, Minggu (3/4). Foto. Yonky untuk Batam Pos

batampos.co.id – Satu terobosan kembali dilakukan Yayasan Universal Taekwondo Indonesia (YUTI) dan Universal Taekwondo Indonesia UTI Profesional(UTI PRO) dalam mengembangkan olahraga beladiri Taekwondo di Indonesia.

Bertempat di Hotel Grand Melia Kuningan Jakarta, Minggu (3/4) telah lahir sebuah nota kesepahaman antara Yayasan Universal Taekwondo Indonesia (YUTI) dengan Kukkiwon World Taekwondo Headquarters.

Nota kesepahaman itu ditandatangani Pembina Yayasan Universal Taekwondo Indonesia dan Universal Taekwondo Indonesia Profesional Grand Master Lioe Nam Khiong dan Presiden Kukkiwon Oh Hyun Deuk.

Turut hadir menyaksikan Memorandum Of Understanding(MOU) tersebut Ketua Umum UTI Pro Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi, Wakil Ketua Umum UTI Pro Rudy J Pusung, Sekjen UTI Pro Lamting dan segenap jajaran Pengurus YUTI dan UTI Pro serta Atlit.

Grand Master Lioe Nam Khiong usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Kukkiwon mengatakan, Hubungan YUTI dan Kukkiwon sudah terjalin sangat erat sejak tahun 2011 .

“YUTI ini kan foundation (yayasan) dan kerja sama YUTI dengan Kukkiwon ini sudah terbina sejak 2011 dan diharapkan dengan adanya nota kesepahaman ini dapat menopang kegiatan prestasi Universal Taekwondo Indonesia UTI Pro, sekaligus berdampak positif terhadap pengembangan olahraga taekwondo di Indonesia.,” ujar Grand Master Lioe Nam Khiong.

Lebih lanjut Grand Master Lioe Nam Khiong mengemukakan, banyak manfaat yang akan dirasakan dari nota kesepahaman ini nantinya. Salah satunya yakni proses sertifikasi DAN Kukkiwon tentunya tidak akan memakan waktu lama .

Selain itu Kukkiwon juga akan mendukung penuh segala bentuk kegiatan Taekwondo bertaraf Internasional yang digagas oleh UTI Pro.

“Kita sudah pernah menjalin kerjasama dengan Kukkiwon ketika UTI Pro menggelar Kukkiwon Cup I di Jakarta tahun 2015 lalu. Mudah-mudahan dengan Nota Kesepahaman ini akan mempermudah kerja sama dalam mengembangkan Taekwondo di Indonesia,” Ujar Lioe Nam Khiong.

Sementara itu Presiden Kukkiwon Oh Hyun Deuk merasa senang dan bangga bisa bekerja sama dengan YUTI . “Saya kenal baik dengan Grand Master Lioe Nam Khiong, dia satu-satunya Grand Master yang paling senior, sehingga kerjasama ini bisa terlaksana,” kata Oh Hyun Deuk.

Oh Hyun Deuk juga berharap kerjasama yang terjalin erat dengan YUTI dapat lebih ditingkatkan lagi. “Mudah-mudahan dengan kerja sama ini bisa lebih ditingkatkan lagi,” kata Oh Hyun Deuk. (iwa)

Update