Jumat, 29 Maret 2024

Pemko Tak Berminat Kelola Terminal Mukakuning

Berita Terkait

batampos.co.id – Terminal Mukakuning yang berada di depan Kawasan Industri Batamindo semakin tidak terawat. Keadaan ini akan berlarut pasalnya Pemerintah Kota Batam tak berniat mengelolanya.

“Namanya saja terminal, angkot mana sering ke sini. Jadi tempat simpan mobil rusak,” kata warga Seibeduk Roni, Sabtu  (1/4) malam.

Pantauan batampos.co.id, Minggu (2/4), ada empat mobil rusak terparkir di terminal yang kini aset Badan Pengusahaan (BP) Batam ini. Mobil tersebut terlihat berkarat dan ditumbuhi ilalang. Tidak hanya itu, bangunan sekitar  terminal juga jadi pemukiman liar. Ada juga aktivitas jual beli onderdil motor seken.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Batam kini tengah gencar meminta pengalihan aset dari BP Batam. Namun sayang, Sekretaris Daerah (Sekda) Batam Jefridin mengatakan  terminal ini tidak diminati Pemko Batam untuk dikelola.

“Aset itu (terminal mukakuning) bermasalah, berdiri di atas Row jalan,” kata Jefridin.

Padahal, era Dinas Perhubungan (Dishub) Batam dipimpin Zulhendri sempat mencuat di lokasi terminal ini akan dibangun kantor Unit Pelaksana Teknis-Jasa Transportasi (UPT-JT) . Unit ini akan mengelola bus sekolah, angkutan Trans Batam juga bus perintis yang melayani angkutan hinterland.

“Detail Engineering Design (DED) pembangunan sudah ada, bahkan dana pembangunan telah diajukan sejak awal 2015 lalu. Masalahnya lahan yang masih pinjam pakai dari BP Batam,” kata Zulhendri kala itu.

Sementara itu, Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andi Utomo mengatakan  terminal Mukakuning kemungkinan termasuk aset yang akan dihibahkan oleh BP Batam ke Pemko Batam. “Sepertinya begitu, karena BP Batam sendiri tidak ada unit untuk transportasi umum,” kata Andi. (cr13)

Update