Jumat, 29 Maret 2024

Disdik Belum Tetapkan Aturan Penerimaan Siswa Baru

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam belum mengeluarkan ketentuan yang akan diterapkan pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) nanti. Karenanya, pihak sekolah masih menunggu regulasi yang akan menjadi acuan pada penerimaan siswa baru tersebut.

“Kami masih menunggu dari Disdik Batam, sekarang masih fokus ke UN (Ujian Nasional),” kata Kepala SMPN 6 Batam, Wagiyem, Selasa (4/4).

Rencananya, PPDB akan digelar setelah Lebaran atau Juli mendatang. Berdasarkan ruang kelas yang ada, tahun ini SMPN 6 berencana membuka pendaftaran untuk delapan kelas. “Rencananya segitu, karena yang keluar tahun ini ada sembilan kelas,” jelas Wagiyem.

Masing- masing kelas rencananya akan diisi 32 siswa. Sebagai salah satu sekolah unggulan yang dimiliki Kota Batam,  SMPN 6 memiliki persyaratan yang cukup ketat dalam penerimaan siswa baru. “Kami lihat dari nilai siswa yang pastinya, tahun lalu kami terima 8,8,” ujarnya.

Kepala Sekolah terbaik se-Kota Batam ini mengungkapkan, pihak sekolah sebagai penyelenggara akan berusaha menjalankan PPBD sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan disdik. “Sejauh ini memang belum ada, tapi kami berharap semua bisa berjalan dengan baik,” sebutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengaku saat ini belum memutuskan regulasi yang akan diterapkan dalam PPDB nanti.

“Belum lagi,” kata Muslim usai menghadiri rapat di Kantor Wali Kota Batam, kemarin.

Dia menambahkan, saat ini baru ada satu kali pertemuan dengan sekolah membahas PPBD yang rencanya akan diselenggarakan Juli nanti. “Nanti kami rapat lagi, baru bisa memetakan kebutuhan murid di masing- masing sekolah,” sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, setiap tahun menjelang PPDB dibuka selalu muncul permasalahan yang berhubungan dengan daya tampung.

“Ini selalu muncul, namun semua bisa teratasi jika sekolah swasta dan negeri bersinergi dalam menyukseskan PPDB, dan yang tidak kalah penting adalah orangtua,” kata Rudi usai memimpin rapat bersama OPD di lingkungan Pemko Batam. (cr17)

Update