batampos.co.id – Badan Urusan Logistik (Bulog) Batam menjamin persediaan beras dan gula untuk beberapa bulan ke depan, bahkan hingga Ramadan, Mei mendatang aman. Saat ini, untuk persediaan beras di gudang Bulog terdapat 2.600 ton, sedangkan gula sebanyak 535 ton.

Iklan

“Stok kami masih aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama puasa,” kata Kepala Bulog Batam, Jamaludin, Rabu (5/4/2017).

Meski demikian, kata Jamaludin, pihaknya terus berkomunikasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, terkait persediaan beras dan gula. “Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah, bahkan besok (hari ini, red) kami juga mengadakan pertemuan dengan pemerintah provinsi terkait hal ini,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi kekurangan persediaan, saat ini sedikitnya terdapat dua ribu ton beras yang tengah dalam masa pengiriman ke Batam. Selain itu, dalam menghadapi lonjakan harga kebutuhan jelang puasa, pihaknya akan menggelar pasar murah.

“Nanti kami akan bersinergi bersama dengan Rumah Pangan Kita (RPK), instansi, hingga lembaga lainnya untuk menggelar pasar murah ini,” sebut Jamaludin.

Asisten Bidang Perekonomian Pemko Batam, Gintoyono mengatakan, berdasarkan hasil rapat Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), untuk stok beras yang ada di Bulog maupun distributor untuk persiapan Ramadan cukup aman. “Kemarin kami sudah rapat, dan informasi yang kami terima dari Bulog kebutuhan beras aman,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Batam, Zarefriadi juga mengklaim ketersediaan kebutuhan pokok Batam kini aman. “Aman, sejauh ini aman. Selesai puasa (bulan Ramadan) pun masih aman,” nya siang kemarin.

Menurut mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja ini, kecukupan bahan pokok tersebut tidak bakal terganggu jika tidak ada pihak-pihak yang nakal, terutama pedagang. “Asal jangan ada yang berspekulasi, Insya Allah aman itu,” tegasnya.

Untuk itu, dia berjanji akan menindak tegas pihak-pihak yang nakal. “Tidak akan dibiarkan (penyelewengan), pasti akan ditindak. Kami minta kerja sama masyarakat luas juga,” imbuhnya.(cr17/cr13)