Sabtu, 20 April 2024

Irianto Dilantik jadi Kadisdukcapil

Berita Terkait

Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul melantik Irianto sebagai Kadisdukcapil Tanjungpinang. F.Humas Pemko Tanjungpinang untuk batampos.

batampos.co.id – Wakil Walikota (Wawako) Tanjungpinang, Syahrul melantik Kepala Satpol PP Tanjungpinang, Irianto menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanjungpinang di Aula Kantor Walikota Tanjungpinang, Rabu (5/4).

Informasi dilapangan, dengan dilantiknya Irianto sebagai Kadisdukcapil. Kursi Kasatpol PP yang pernah didudukinya secara otomatis diambil alih sementara waktu oleh Sekretaris Satpol PP Tanjungpinang, Dedy Yusfa. Posisi Dedy sebagai Pelaksana tugas (Plt) akan bergeser jika lelang jabatan (open bidding) yang digelar Pemko Tanjungpinang selesai dilaksanakan.

Syahrul mengatakan pelantikan itu dilaksanakan bedasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 821.22-2270 Tahun 2017 tanggal 23 Maret 2017. Tentang pengangkatan kembali, pengukuhan atau pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

“Melalui SK itu kami lantik Irianto sebagai Kadisdukcapil Tanjungpinang. Sedangkan posisi kursi yang ditinggalkan akan diisi oleh plt sambil menunggu hasil open bidding,” ujar Syahrul.

Dengan diberikannya amanah sebagai Kadisdukcapil, kata Syahrul diminta Irianto mampu menjalankan jabatannya sesuai tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) serta bisa mempertanggungjawabkan segala kebijakan yang dilaksanakan.

Kemudian juga mau bekerja secara optimal dengan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam bidang pelayanan publik. Sehingga administrasi pendataan kependudukan di seluruh wilayah Tanjungpinang dapat berjalan lancar.

“Kami minta Irianto bisa bekerja dengan profesional sesuai standar prosedur yang ada,” pintanya.

Syahrul berharap Irianto juga meningkatkan koordinasi, komunikasi dan singkronisasi dengan seluruh instansi terkait. Mulai dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta kecamatan dan kelurahan.

“Tujuan koordinasi itu agar administrasi dengan program pemerintah berjalan sinkron. Sebab pelaksanaan program pemerintah mengacu pada data kependudukan,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan mengatakan dengan dilantiknya Irianto sebagai Kadisdukcapil otomatis kursi Kasatpol PP lowong atau kosong. Namun kekosongan itu tidak akan terjadi dengan waktu yang lama.

“Kami akan konsultasikan dulu sama Pak Lis (Walikota-red) dan Pak Riono (Sekda-red). Jika sudah ada sosok yang tepat untuk mengisi Plt Kasatpol PP akan kami kabari,” katanya.

Ditanya kemungkinan besar yang menduduki posisi Plt Kasatpol PP adalah sekretaris diinstansi tersebut, Tengku mengaku tidak menutup kemungkinan Dedy Yusfa (Sekretaris Satpol PP) akan diamanahkan menjabat Plt Kasatpol PP. Tapi semua itu harus ada persetujuan dari Walikota Tanjungpinang dan Sekda Tanjungpinang.

“Bisa saja sekretarisnya menjabat sebagai plt. Tapi salah satu asisten di Pemko Tanjungpinang juga berkesempatan. Bahkan tak tutup kemungkinan menunggu hasil open biding untuk menetapkan langsung pejabat definitivenya,” ungkapnya. (ary)

Update