Kamis, 25 April 2024

Apri Minta KONI Mendata Atlet Berprestasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi meminta kepada pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bintan untuk mendata seluruh atlet berprestasi di Kabupaten Bintan. Sebab masih banyak pemuda yang memiliki keahlian diberbagai cabang olahraga (cabor) tersebar di 10 kecamatan belum tercatat.

“KONI harus inventarisir para atlet yang tersebar di 10 kecamatan. Karena banyak atlet berprestasi yang belum tercatat. Padahal mereka dapat menyumbang prestasi gemilang di dunia olahraga Kabupaten Bintan,” ujar Apri dihadapan 17 pengurus cabor di Kantor Camat Gunung Kijang, Kamis (6/4).

Bedasarkan catatan KONI Bintan, kata Apri perolehan prestasi atau mendali setiap tahunnya tidak mengalami pergerakan yang gemilang. Melainkan dunia olahraga di Kabupaten Bintan paling merosot diseluruh Kepri. Kejadian ini mencerminkan lemahnya pembinaan maupun pelatihan yang diberikan kepada atlet.

Agar prestasi disetiap cabor bisa meningkat, lanjut Apri diminta seluruh pengurus cabor dibawah naungan Koni Bintan serta Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Bintan dapat bekerjasama dan bekerjakeras untuk mengharumkan dunia olahraga didaerah ini. Datalah atlet berprestasi di Bintan maupun yang berada di luar daerah untuk memperkuat cabang-cabang olahraga yang ada.

“KONI dan Disbudpora segera bekerja. Data semua atlet Bintan yang berada di dalam maupun luar daerah. Kita akan siapkan anggarannya untuk membina dan melatih mereka agar lebih profesional lagi. Karena merekalah kunci kesuksesaan dunia olahraga kita,” bebernya.

Dukungan Pemkab Bintan terhadap kemajuan dunia olahraga, sambung Apri tidak hanya sekedar menganggarkan dana untuk pembinaan dan pelatihan atlet saja. Tetapi mulai tahun ini, Bintan akan membangun berbagai sarana olahraga yang lengkap beserta fasilitas penunjang lainnya.

Apri berharap Bintan memiliki atlet-atlet yang andal dalam 17 cabor. Diantaranya sepak bola, atletik, renang, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, pencak silat, bola basket, bola voli, bola takraw, binaraga, karate, biliard, dayung, catur, bolling, dan sky air.

Sementara itu Ketua KONI Bintan, Cangku alias Kepyono mengatakan Koni dan Disbudpora akan bekerjasama untuk menginvetarisir seluruh atlet berprestasi. Kedua lembaga ini akan memulai pendataannya di seluruh wilayah Bintan kemudian akan merambat keluar daerah.

“Kami akan mencari anak Bintan yang berbakat dibidang olahraga maupun yang telah berprestasi. Bahkan kami akan boyong atlet Bintan yang berada di luar daerah kembali kesini,” katanya.

Atlet yang akan didata, lanjut Cangku akan disesuaikan dengan pengurus cabor yang ada. Kemudian juga disesuaikan dengan fasilitas yang disediakan. Sehingga pembinaan dan pelatihannya dapat berjalan lancar dan maksimal.

“Untuk saat ini atlet yang kita miliki ada 168 orang. Kemudian untuk pelatihnya ada 30 orang, official ada 10 orang dan panitia 22 orang. Jumlah itu akan berubah setelah kita lakukan pendataannya,” ungkapnya. (ary)

Update