Jumat, 29 Maret 2024

Batam Pos Jalani Verifikasi Faktual

Berita Terkait

Harian Pagi Batam Pos menjalani verifikasi faktual, sebelumnya dinyatakan lulus verifikasi administrasi.
foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Setelah dinyatakan lulus verifikasi administrasi oleh Dewan Pers beberapa waktu lalu, Batam Pos diverifikasi faktual oleh Tim Verifikasi Media Serikat Perusahaan Pers (SPS) Kepri, Jumat (7/4) pagi.

Anggota tim verifikasi, Saibansah Dardani menyebutkan Batam Pos adalah media pertama di Kepri yang diverifikasi secara faktual oleh tim yang terbentuk berdasarkan SK Tim Verifikasi Nomor 01/KEP-SPS/III/2017 ini.

“Dalam verifikasi faktual ini, kami ingin mencocokan data yang dikirim Batam Pos ke Dewan Pers saat verifikasi administrasi dengan turun langsung ke sini (Batam Pos),” kata Saibansah.

Tidak sendirian, Sainbansah hadir bersama Ketua Tim Verifikasi Candra Ibrahim (Ketua Tim), dan anggota tim lainnya, Deden Rosanda.

Saibansah menambahkan, setelah verifikasi faktual dilakukan, tim akan meneruskan hasil tersebut ke Dewan Pers.

“Nanti hasilnya Dewan Pers yang menentukan,” tambahnya.

Saat bertandang, tim verifikasi disambut langsung Direktur Utama Batam Pos Grup Marganas Nainggolan, Pemimpin Redaksi (Pemred) Muhammad Iqbal dan jajaran Manajer Batam Pos, Seperti Manajer HRD Elmi Gusti, Manajer Pemasaran Mulyadi Nasution serta Manajer Iklan dan Event Organizer Agus Triono.

Dalam kapasitas sebagai Ketua SPS Kepri, Marganas menyambut baik verifikasi media di Kepri, dengan demikian akan diketahui media mana saja yang telah diverifikasi di Kepri.

“Ini penting untuk dilakukan,” ucap Marganas.

Dalam kesempatan ini, tim verifikasi mencocokan data administrasi baik tentang perusahaan secara umum hingga tentang kewartawanan.

Suasana ruang kerja redaksi Batam Pos.
foto: cecep mulyana / batampos

Tidak hanya itu, tim juga mengecek langsung secara fisik Batam Pos, dari ruang rapat, dapur redaksi hingga sarana komunikasi.

Senada dengan Marganas, Ketua Tim Verifikasi Candra Ibrahim menyampaikan verifikasi sangat penting bagi media. Misalnya, dengan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta karena suatu saat mitra media akan lebih selektif lagi.

“Bukan hanya bermanfaat untuk kerjasama, tapi juga untuk mendapatkan informasi. Sebab, ke depan Dewan Pers akan menerapkan standar ketat. Yang lolos verfikasi di Dewan Pers-lah yang boleh dilayani dalam kerja jurnalistik,” pungkas Candra. (cr13)

Update