Bandara Sipil Ranai Natuna, siap disinggahi pesawat komersil. F. Aulia/batampos.

batampos.co.id – Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Natuna Iskandar DJ mengatakan, sejumlah maskapai penerbangan sudah merencanakan membuka rute penerbangan ke Natuna. Diantaranya maskapai Garuda, Lion Air, Kal Star dan Citylink.

Namun kata Iskandar, pihak maskapai masih menunggu bandara sipil Ranai dioperasikan. Yang direncanakan akhir bulan April ini.

“Memang sudah banyak maskapai penerbangan menyatakan akan membuka penerbangan ke Natuna. Saat ini hanya ada maskapai Sriwijaya dan Wings air. Nanti mungkin Wings air akan diambil alih Lion Air,” sebut Iskandar, Kamis (6/4).

Sebenarnya kata Iskandar, persiapan pengoperasian bandara sipil tinggal selangkah. Yakni penyerahan pengoperasian bandara dari Lanud Raden Sadjad kepada Kementerian Perhubungan.

“Sekarang tunggu daft take over dari dari Lanud ke Kementerian Perhubungan. Untuk penyerahan pengoperasian bandara ke Kementerian ini diperkirakan akhir bulan April ini,” kata Iskandar.

Saat ini sambungnya, Bandara Ranai masih sepenuhnya dioperasikan Lanud Raden Sadjad. Slot time penerbangan diatur langsung Pangkoops I TNI AU. Namun setelah diserahkan, maka slot time penerbangan diatur Kepala satuan pelayanan bandara Ranai.

“Kasapel bandara sudah terbentuk, tinggal penyerahan operasian bandara. Nanti slot time penerbangan diatur pihak bandara, sekarang memang sudah banyak maskapai yang akan buka rute ke Natuna, tapi tunggu bandara sipil dioperasikanm” kata Iskandar.

Seperti diketahui, dioperasikan bandara sipil ini terus molor sejak diresmikan Presiden Joko Widodo awal tahun 2017 kemarin, hingga saat ini belum beroperasi.(arn)

Respon Anda?

komentar