Besok, 17.510 Siswa SMA Ikut Ujian Nasional

ilustrasi

batampos.co.id – Sebanyak 17.510 pelajar dari 183 SMA di Provinsi Kepri akan melaksanakan Ujian Nasional (UN), dimana 12.482 siswa dari 148 sekolah akan melak­sa­nakan UN berbasis kertas se­dang­kan 5.028 siswa lainnya dari 35 sekolah akan menggelar UN berbasis kom­puter (UNBK) mulai Senin (10/4) hingga Ka­mis (13/4) nanti.

Mayoritas peserta UN berasal dari Kota Batam. Tapi sayang, ada dua SMA di kota industri ini terpaksa menumpang UN di sekolah lain karena tak pu­nya gedung sekolah sendiri.

Dua sekolah itu yakni SMA Negeri 18 dan SMA Negeri 19.

Sebanyak 37 siswa SMA 18 dan 63 siswa SMA 19 akan UN di SMA Negeri 5. Jadi besok dipastikan tiga sekolah akan UN bersamaan di satu gedung. Pelajar SMA 18 akan menempati 5 ruangan sedangkan peserta UN dari SMA 19 akan menempati 3 ruangan di SMA 5.

“Sekolah kami baru tahun ini ikut UN, jadi terpaksa pin­jam ruang sekolah lain,” ujar Elsa, salah satu guru SMA 18 kepada Batam Pos, Sabtu (8/4).

Dua sekolah yang menum­pang ini masih UN manual. “Siswa-siswi sudah siap ikut ujian nanti,” katanya.

Hal senada juga disampaikan salah satu guru SMA 19 yang enggan menyebutkan nama­nya.

“Kami gak punya gedung, jadi harus menumpang ujian di SMA 5. Dalam satu ruangan ada yang 13 siswa, 18 maupun 20 siswa sehingga berjumlah 63 orang,” sebutnya.

Terpisah Kepala Bidang Pen­didikan Menengah Dinas Pendidikan Kepri, Atmadinata mengatakan ada empat mata ujian dalam UN tahun ini yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan mata ujian pilihan.

“Sama dengan SMK, ujian juga dilaksanakan dalam dua hingga tiga sesi,” ujar Atma­dinata.

Untuk soal ujian, saat ini telah didistribusikan, dan berada di masing -masing polsek ter­dekat dari sekolah.

“Soal diambil pagi. Hal ini ditujukan untuk menjaga kerahasian soal,” tambah pria yang juga ketua panitia UN ini.

Dia menyebutkan, pelaksaan UN tahun ini masih didominasi sekolah dari Batam.

“Secara keseluruhan Batam memang memiliki peserta terbanyak yakni 76 sekolah dengan 7.523 siswa,” sebutnya.

Menurut dia tahun ini UN SMA diikuti 148 sekolah dengan peserta sebanyak 17.510 siswa. Untuk UNBK diikuti 35 sekolah.

Sementata itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Batam, M. Chaidir mengaku pihaknya telah siap menghadapi UN kali ini.

“Semua sudah belajar dan siap tentunya. Beberapa persiapan seperti simulasi UNBK pun telah berhasil dilaksanakan,” kata pria yang pernah menjabat Kepala Sekolah SMAN 4 Batam ini.

Dia berharap siswa SMAN 1 Batam bisa mendapatkan nilai terbaik, dan menjandi terbaik se Kepri. “Kami ingin seluruh siswa lulus dengan nilai memuaskan, dan bisa melanjutkan tradisi peraih nilai terbaik,” ujarnya.(cr19/cr17)

Respon Anda?

komentar