batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karimun terus berusaha meningkatkan pelayanan di Puskesmas yang ada disetiap kecamatan. Salah satunya menambah jumlah dokter yang bertugas di Puskesmas Kundur. Sebelumnya hanya ada 3┬ádokter lalu ditambah 4 dokter sehingga saat ada ada 7 orang dokter.

”Kita tahu bahwa Puskesmas Kundur merupakan Puskesmas yang ramai melayani masyarakat untuk berobat. Apalagi, di Puskesmas tersbeut ada rawat inapnya. Untuk itu, jika sebelumnya hanya ada dua dokter umum dan ditambah satu dokter gigi, maka pada akhir bulan lalu jumlah dokter umum sudah menjadi enam orang. Kemudian, untuk dokter gigi yang sebelum kosong, saat ini sudah,” ujar Kepala Dinkes Kabupaten Karimun, Rahmadi kepada Batam Pos, Ahad (9/4).

Dinkes juga akan menambah satu orang lagi dokter umum untuk ditempatkan di Puskemas Kundur, sehingga jumlahnya ada 8 dokter nantinya. Dengan banyaknya dokter, maka pasien yang dilayani akan lebih banyak dalam satu waktu. Baik, yang bertugas sebagai dokter jaga atau yang bertugas sebagai dokter di poliklinik pada siang hari.

Rahmadi menyebutkan, tidak semua Puskesmas melayani rawat Inap, artinya, hanya beroperasi pada siang hari saja. ”Jika Puskesmas ada rawat inap, maka sudah tentu ada unit gawat daruratnya (UGD) yang dapat melayani 24 jam. Untuk itu, Puskesmas Kundur kita tambah dokternya karena selain rawat inap juga ada UGD,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk Puskesmas yang belum memiliki dokter gigi di Kabupaten Karimun ada tiga. Seperti di Kecamatan Buru dan Dusun Niur, Kecamatan Moro serta di Kecamatan Belat. Peralatan untuk gigi di Puskesmas tersebut telah tersedia, namun dokternya belum ada. Dan, sampai saat ini pihaknya masih terus mencari dokter gigi melalui universitas dan juga relasi untuk ditugaskan di tiga Puskesmas tersebut. (san)

Respon Anda?

komentar