Jumat, 29 Maret 2024

Pembobol Mesin ATM Dibekuk

Berita Terkait

Polisi mengamankan tersangka bobol atm, Minggu (9/4). F. Yusnadi/batampos.

batampos.co.id – Jajaran Satreskrim Polres Tanjungpinang dan Polres Bintan, Minggu (9/4) dini hari, meringkus dua orang pelaku pembobolan ATM, yang menjalankan aksinya di Tanjungpinang, Bintan dan Batam.

Penangkapan pertama kali dilakukan petugas terhadap AF, 37, di Jalan Lembah Asri, Kota Tanjungpinang. Dari tangannya, petugas menyita sejumlah barang bukti yang digunakan pelaku saat menjalankan aksinya.

Petugas pun melakukan pengembangan. Yang mana berdasarkan pengakuan IJ, ia menjalankan aksinya bersama dengan AL. Tim Buser gabungan yang tak mau kehilangan jejak, dini hari itu langsung menyebarang ke Batam, dan menangkap AL di rumahnya dikawasan Sagulung.

Salah seorang anggota Buser yang meminta namanya tidak dikorankan, mengatakan penangkapan terhadap pelaku dilakukan berdasarkan laporan polisi yang diterima. Kemudian, ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan.

“Dari rekaman CCTv didapati ciri-ciri pelaku. Setelah beberapa hari kami lakukan penyelidikan, baru berhasil ditangkap,”ujar sembari mengingatkan agar namanya tidak dikorankan.

Dikatakannya, kedua pelaku yang diamankan tersebut. Salah satunya, merupakan residivis. Sedangkan terkait aksi pembobolan ATM, dilakukan mereka di empat lokasi, di Tanjungpinang, Bintan dan Batam.

“AF, itu residivis kasus jambret. Untuk kasus pembobolan ATM, di Tanjungpinang satu kali, di Indomarket dekat Lapangan Sepakbola, Sulaiman Abdullah. Di Bintan, ATM dekat RSUD dan di Batam di Sagulung dan Sekupang,”katanya.

Sementara itu, salah satu pelaku, AF, mengaku nekat ikut membobol ATM karena diajak rekannya. Hasilnya, pun ia gunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

“Kami tidak pernah berhasil membongkar ATM nya. Cuma, bisa dapat uang dari lubang yang kami congkel. Itupun hasilnya tidak banyak,”ucapnya.

AF juga membenarkan bahwa ia dan AL, menjalankan aksinya di empat lokasi, diamankan dua diantaranya dilakukan di Batam, sedangkan dua lainnya di Tanjungpinang dan Bintan.

“Iya, empat kali itulah saya main (mencuri, red). Semua TKP itu selalu sama-sama,”pungkasnya. (ias)

Update