Lima Ton Kayu Kapur Diamankan Polres Lingga

507
Kayu kapur yang diamankan Polres Lingga. F. Batampos.

batampos.co.id – Polres Lingga mengamankan 5 ton kayu yang diduga kayu kapur dari hutan kawasan Desa Marok Tua, Kamis (6/4) malam. Kayu yang telah berbentuk papan itu tersusun rapih di tepi pantai, siap untuk diberangkatkan ke luar Lingga.

“Saat ini tersangka TI , sedang dalam pemeriksaan oleh satua Reserse Kriminal,” kata Kapolres Lingga AKBP Ucok Siladin ketika memberikan keterangan kepada Batam pos,Senin(10/4).

Lebih lanjut Ucok menyampaikan Satreskrim Polres Lingga telah berkoordinasi dengan tim ahli yakni Dinas Kehutanan Provinsi Kepri untuk memastikan jenis kayu tersebut adalah kayu hutan. Setelah memastikan hal tersebut, tersangka akan dikenakan sesuai hukum yang berlaku.

Selain kayu, Polres Lingga juga mengamankan satu orang tersangka yang disinyalir sebagai pemilik kayu hutan tersebut. Pemilik kayu TI, diamankan dan dikenakan pasal 82 dan atau pasal 83 UU RI no 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

Sementara itu di tempat terpisah, Kasat Reskri Polres Lingga AKP Suharnoko memastikan telah mengambil keterangan dan kesaksian dari tersangka. Dan saat ini masih menunggu kedatangan tim ahli untuk memastikan jenis kayu yang telah diamankan di Polres Lingga.

“Kami menduga kayu tersebut jenis kayu kapuk. Namun yang berhak memastikan itu sesuai hukum tentunya ahli,” ujar Suharnoko.

Dari pantauan di lapangan, Satreskrim Polres Lingga telah memindahkan kayu yang sebelumnya hanya diberikan garis polisi di lokasi awal atau tempat penangkapan. Kayu diangkut dengan truk pengangkut kayu dan berhasil diamankan di Mapolres Lingga. (wsa)

Respon Anda?

komentar