Bupati Bintan, Apri Sujadi (kedua kanan) saat mengunjungi SDN di Bintan. Dalam programnya, bupati telah menyiapkan 43 bus dan 19 kapal gratis untuk anak sekolah. F. Humas Pemkab Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Pemkab Bintan terus berupaya mendorong berbagai program yang menjadi prioritas untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Bintan. Tidak hanya menggagas program masuk sekolah gratis, namun juga memfasilitasi anak-anak sekolah melalui program angkutan gratis bagi anak sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir, mengatakan program angkutan sekolah gratis ini sudah mulai berjalan di tahun 2017. Pemkab Bintan telah menyiapkan sebanyak 43 bus sekolah dan 19 kapal bagi akses siswa yang sekolahnya berada di semenanjung pulau pesisir.

“Transportasi akses darat dan laut ini bisa digunakan sebagai sarana angkutan sekolah gratis, supaya anak sekolah bisa fokus belajar,” jelas Tamsir diruang kerjanya, Senin (10/4).

Tamsir menjelaskan program angkutan sekolah gratis yang digagas Bupati Bintan Apri Sujadi dan Wakil Bupati Dalmasri Syam ini berlaku untuk seluruh tingkatan sekolah, mulai dari Sekolah Dasar (SD), SLTP/MTS ataupun SMA/SMK se-Kabupaten Bintan.

Selain itu, angkutan gratis tersebut nantinya akan bertugas untuk antar jemput siswa ke sekolah. Dijelaskan Tamsir, Disdik Bintan melalui APBD tahun 2017 telah menganggarkan Rp 2,3 miliar untuk transportasi laut dan Rp 7 miliar untuk transportasi bus gratis. “Ini guna mensukseskan program transportasi gratis bagi siswa sekolah se-Kabupaten Bintan,” terangnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan APBD Bintan 2017 merupakan APBD yang murni disusun untuk program prioritas yang bisa menyentuh langsung ke masyarakat yang harus terus dikedepankan.

“Program yang menjadi prioritas dan bermanfaat bagi masyarakat harus terus dikedepankan. Mudah-mudahan program masuk sekolah gratis dan sarana transportasi gratis anak sekolah ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bintan,” ungkap Apri, saat mengunjungi Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Fastabiqul Khairat di Kelurahan Sei Nam, Kecamatan Bintan Timur, Minggu (9/4) lalu.

Pemkab Bintan telah menyediakan 43 unit bus sekolah gratis yang disebar dibeberapa kecamatan seperti Kecamatan Bintan Timur, Bintan Utara, Teluk Sebong, Toapaya, Teluk Bintan, dan Kecamatan Sri Kuala Lobam.

Sedangkan 19 kapal bertonase 1 sampai 5 groston (GT) disebar untuk beberapa pulau di Semenanjung Pesisir, seperti Kecamatan Mantang, Bintan Pesisir, Teluk Bintan, dan Kecamatan Tambelan. (cr20)

Respon Anda?

komentar