Fraksi PKS Dorong Ranperda Produk Halal Higienis

batampos.co.id – Ranperda Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Produk Halal dan Higienis sejalan dengan keinginan Walikota Batam untuk mejadikan Kota Batam sebagai kota Pariwisata. Dan juga penetapan Batam sebagai salah satu dari sepuluh kota Meeting Incentive, Conference, Convention and Exhibition (MICE) di Indonesia.

Setelah ditetapkan menjadi Perda, kedepannya Batam dapat mengembangkan wisata halal atau halal tourism yang dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Batam.

“Sebagai contoh Lombok yang telah sukses penerapan wisata Halal. Pada tahun 2015 dalam ajang International Halal Tourism, Lombok menerima dua penghargaan sekaligus World’s Best Halal Honeymoon Destination dan World’s Best Halal Destination,” kata Mukriyadi, ketua fraksi PKS saat menyampaikan tanggapan fraksi terhadap pendapat Walikota atas Ranperda Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Produk Halal dan Higienis di Kota Batam, kemarin.

Menurut dia, dua penghargaan ini mengalahkan Malaysia yang selama bertahun-tahun seperti menjadi kekuatan yang tak tergoyahkan. Kemenangan itu juga memberi dampak manis buat pariwisata Lombok. Dalam dua bulan, jumlah wisatawan yang datang ke Lombok meningkat 40% persen lebih, sebagian besar adalah wisatawan muslim dari Timur Tengah dan negara-negara lainnya.

Malaysia menarget ekspor produk halal sebesar Rp 157,5 triliun pada tahun 2016 lalu. Serbuan produk Halal asal Malaysia yang dapat langsung dirasakan bersama di Batam salah satunya adalah bawang goreng siap saji yang telah terlebel halal Malaysia.
Kota Batam yang merupakan kota Pariwisata, Industri dan memiliki 40.000 lebih UKM bidang jasa dan kuliner dapat belajar dari Lombok dan Malaysia yang serius dalam Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Produk Halal dan Higienis.

“kami Fraksi PKS ada beberapa poin yang akan ditanggapi dan masukan,” katanya.

Pertama, Fraksi PKS sependapat dengan Walikota Batam dalam pembahasan dan perumusan ditingkat Pansus tidak melampaui batas kewenangan serta fokus kepada subtansi agar dalam proses pembahasan menjadi lebih efisien, efektif dan lebih berkepastian hokum terhadap pelaksana dan penikmat (beneficieries) Ranperda ini nantinya.

Untuk itu dalam pembahasan Ranperda ini nantinya, kami Fraksi PKS berharap Walikota dapat mengirim orang-orang yang memiliki kemampuan dan pemahamam tentang Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Produk Halal dan Higienis di Kota Batam. “Kami juga mendorong pemko untuk segera menentukan beberapa lokasi destinasi wisata syariah, pusat jajanan atau kuliner syariah sehingga dapat menarik investasi atau kunjungan wisman dari Singapura, Malaysia dan Timur Tengah.

“Fraksi PKS juga mendorong Pemerintah Kota Batam membentuk lembaga konsumen syariah untuk mensosialisasikan, mengevaluasi dan mempublikasikan kepada publik, tempat belanja atau jajanan sehat, higienis dan halal di Kota Batam,” jelasnya. (rng)

Respon Anda?

komentar