Pemilik toko di Pasar Cahaya Garden, Bengkong saat menyusun gula. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Harga gula pasir, daging beku, dan minyak goreng kini diatur. Tak boleh dijual melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan.

HET gula pasir Rp 12.500 per kilogram, daging beku Rp 80 ribu per kilogram, danĀ  minyak goreng kemasan sederhana Rp 11 ribu per liter.

“HET tiga komoditi ini berlaku mulai hari ini (10/4) hingga 10 September 2017,” ujar Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdaganga (Disperindag) Provinsi Kepri Agus Sukarno, kemarin.

Kebijakan yang berlaku nasional ini diambil pemerintah guna mengantisipasi gejolak harga bahan pokok saat Ramadan, lebaran, dan berlaku umum.

“Dalam suratnya disebutkan, kebijakan tersebut diimplementasikan di seluruh gerai toko modern, juga pasar rakyat. Secara umum lah ini,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Disperindag Kepri Burhanuddin mengatakan aturan standar harga tersebut harus dipatuhi pedagang. Jika tidak, pemerintah akan turun tangan menindak, bahkan akan meminta peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk ikut menindak jika harga terlampau tidak sehat.

“Setiap ada pelanggaran, pemerintah akan hadir,” sebut Burhanuddin, beberapa waktu lalu.

Kepala Disperindag Batam Zarefriadi mengaku belum menerima secara resmi kebijakan nasional tersebut. Namun demikian, jika surat tersebut sampai, pihaknya akan segera mensosialisasikan ke masyarakat.

“Suratnya belum kami dapatkan. Kalau dapat segera kami sampaikan ke masyarakat,” ucapnya.

Dia mengatakan program ini merupakan program yang baik dari pemerintah pusat untuk mengendalikan harga. Hadirnya aturan tersebut bisa jadi rujukan dan menekan gejolak harga, yang kerap terjad setiap hari besar.

“Bahkan kami berharap semua harga digitukan semua, jadi tak payah kitakan. Ini langkah yang sangat baik,” pungkasnya. (cr13)

Respon Anda?

komentar