Sabtu, 20 April 2024

Jembatan Penghubung Nagoya Jodoh Mulai Dibangun

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam memulai pengerjaan jembatan di kawasan Jodoh-Nagoya, Senin (10/4). Jembatan ini akan menghubungkan antara jalan di depan Hotel Allium dengan kompleks Business Center. Keduanya terpisah drainase selebar 12 meter.

“Sudah mulai dikerjakan. Jembatannya untuk penyeberangan kendaraan, bukan orang,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi saat meninjau lokasi pembangunan, Senin (10/4) lalu.

Pembangunan jembatan yang menghubungkan kawasan bisnis Jodoh dan Nagoya, diharapkan lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kedua kawasan bisnis ini, serta menambah keindahan kota.

Selain jembatan baru tersebut, Pemko juga memperbaiki jalan pelintas beberapa meter di dekatnya. Jalan sepanjang 70 meter itu, menghubungkan antara Komplek Business Center dan kawasan Kampung Bule.

Jalan pelintas ini berdiri di atas box culvert. Keberadaan box culvert menyebabkan terjadinya penyempitan aliran air drainase. “Jalan ini kita bongkar, box culvert-nya juga. Nanti dibangun jembatan di sini,” timpal Kepala Dinas Bina Marga dan SDA Kota Batam, Yumasnur.

Selain perbaikan jalan pelintas. Pemerintah juga akan memperlebar jalan di lokasi tersebut. Simpang jalan akan diperlebar dan dibangun lengan jalan untuk belok. “Nanti balihonya kita bongkar. Jalan juga diperlebar. Jumlah lajurnya tetap, tiga lajur tapi agak lebar saja. Supaya lebih leluasa beloknya,” jelas Yumasnur.

Selain membongkar baliho, untuk pembangunan jalan ini juga akan dilakukan pembongkaran pos kamling serta gardu listrik. Pos kamling akan diratakan, sementara gardu listrik dipindahkan. ‘’Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan jembatan ini sebesar Rp 11,8 miliar,’’ kata Yumasnur lagi. (mta)

Update