Ribka, 18, melakukan perekaman E-KTP pemula di kantor Kecamatan Sekupang, Selasa (11/4). KTP pemula di Batam ini sebanayak 1.500 . F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pihak kecamatan telah menerima material untuk pembuatan e KTP. Masing-masing kecamatan mulai mencetak fisik e KTP warga yang berkasnya sudah lama menumpuk.

Kecamatan Batuaji yang menerima 1.114 material fisik e-KTP menargetkan dalam sepekan ini sudah siap dicetak semua. “Lagi kami kerjakan, paling sepekan ini sudah selesai sebab mau ambil lagi yang baru kalau sudah siap cetak semua blangko yang sudah ada ini,” ujar Camat Batuaji Frid Kalter, kemarin.

Material e KTP yang sudah diterima itu kata Frid diutamakan untuk warga yang mengurus e KTP baru pada bulan September dan Oktober tahun 2016 lalu. “Jumlah material cukup terbatas. Kami terima hanya 1.114 sementara berkas yang menumpuk sudah 10 ribuan lebih,” ujarnya.

Untuk warga yang mengurus kehilangan KTP ataupun yang mengurus e KTP diatas bulan Oktober 2016 diharapkan bersabar sebab akan ada pengadaan sesi selanjutnya.

“Makanya kami kebut dulu yang suda ada ini, setelah semuanya dicetak, maka ajukan lagi untuk tahap selanjutnya. Paling dua atau tiga minggu kedepan baru dapat lagi,” ujar Frid.

Senada disampaikan pihak kecamatan Sagulung. Dari total berkas yang sudah bertumpuk sejak pertengahan tahun 2016 lalu sebanyak 13 ribuan mereka hanya terima 1.500 material pembuatan e KTP. Material yang diterima itu rencananya juga akan diutamakan kepada warga yang sudah mengurus e KTP baru pada bulan Oktober dan September.

“Paling seminggu ini juga siap cetak semua dengan material yang kami terima ini. Setelah itu baru diadakan lagi,” ujar Sekretaris Camat Sagulung Hardianus.

Sementara itu warga yang sudah mengurus e KTP sejak September 2016 lalu, sepertinya sudah tak sabar untuk segera memiliki e KTP tersebut. Mendengar kabar jika pihak kecamatan telah menerima material fisik e TKP, puluhan warga di Batuaji dan Sagulung berbondong-bondong ke kantor camat masing-masing. Mereka menanyakan kapan mereka boleh cek atau ambil fisik e KTP yang sedang dicetak itu.

“Saya mau lamar kerja pak, makanya butuh sekali sama KTP itu. Katanya sudah ada material makanya saya kemari untuk cek apakah KTP saya sudah siap atau belum,” ujar Nurdin, warga Dapur 12, Sagulung di kantor Camat Sagulung, kemarin.

Begitu juga dengan Magdalena, warga Batuaji, setelah mendapat informasi dari media masa, dia langsung mendatangi kantor Camat Batuaji, pagi kemarin. Dia ingin tahu apakah KTPnya sudah jadi atau belum.

“Sudah dari September 2016 saya urus, makanya pengen tahu apakah sudah jadi atau belum. Kalau sudah saya juga mau tahu kapan bisa diambil,” ujar warga Bukit Tempayan. (eja)

Respon Anda?

komentar