batampos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin memastikan pembukaan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) akan digelar Juli nanti. Meskipun belum memastikan tanggal pastinya, tahun ajaran baru akan dimulai 23 Juli 2017 mendatang. “Tanggal pastinya (PPDB) belum, tapi kami buka mulai Juli nanti,” kata Muslim, Rabu (12/4/2017).

Muslim mengungkapkan penerimaan dilakukan setelah Lebaran Idul Fitri, dan bertahap. Untuk minggu pertama Juli, pendaftaraan untuk tingkat SMP, dilanjut untuk SD. “Seperti tahun sebelumnya, tingkat menengah dulu yang dibuka, disusul tingkat dasar,” jelasnya.

Untuk persyaratan, saat ini pihaknya masih menyusun bersama sekolah terutama sekolah unggulan dan sekolah dasar. Sekolah unggulan, lanjut pria kelahiran 12 April 1958 ini, harus memperhatikan nilai kelulusan, dan siswa yang diterima terbatas.

Sedangkan untuk sekolah dasar, hampir sama dengan tahun lalu. Untuk SD negeri diutamakan calon siswa yang berusia tujuh tahun tepat pada Juli ini. Untuk mereka yang kurang dari tujuh tahun bisa memilih sekolah swasta.

“Ketentuannya seperti itu, namun jika kuota sekolah masih bisa menampung siswa namun calon siswa usia tujuh tahun tidak ada, bisa menerima calon siswa yang usianya kurang dari tujuh tahun, seperti 6 tahun sembilan bulan. Namun tetap memprioritaskan yang usia tujuh tahun,” tegas pria 59 tahun ini.

Mengenai daya tampung sekolah negeri tahun ajaran 2017/2018, pria kelahiran Rempangcate ini, mengaku sudah melakukan pendataan berapa banyak siswa yang bisa ditampung per kecamatan. “Data sudah ada, hanya saja harus dipresentasikan dulu kepada pimpinan, berapa siswa yang tertampung dan tidak,” jelas pria yang telah menjabat Kepala Disdik Batam sejak 2007 lalu ini.

Untuk solusi, jika tejadinya penumpukan siswa di sekolah negeri nanti, pihaknya tetap memberlakukan dua shift. “Sementara ini hanya itu solusi yang ada, sembari menunggu RKB (ruang kelas baru) selesai dibangu,” sebutnya.
RKB sendiri, sambung dia, diperkirkan baru selesai Agustus nanti. Sekarang sudah selesai di tahap konsultan. Akhir bulan ini atau awal Mei sudah bisa dibangun. “Pembangunan RKB memang belum bisa memenuhi kebutuhan sekarang ini. Tapi setidaknya bisa menjadi solusi, hingga ada penambahan pembangunan RKB selanjutnya,” tutup Muslim. (cr17)

Respon Anda?

komentar