Warga mengantri untuk mengurus dokumen kependudukan di Disdukcapil Karimun beberapa waktu lalu. F. Tri Haryono/batampos.

batampos.co.id – Setelah lama menunggu, akhirnya Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil Kabupaten Karimun kemarin (12/4) mendapatkan blanko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebanyak 8 ribu lembar. Dengan adanya blanko ini dapat membantu masyarakat yang belum memiliki identitas.

”Insya Allah cukup. Jumlah blanko yang kita terima dari kemendagri bisa mencetak e-KTP daftar tunggu yang sudah melakukan rekam data. Selain itu, blanko ini juga dikhususkan untuk yang belum pernah memiliki E-KTP,” ujar Kepala Disduk Capil Kabupaten Karimun, Muhammad tahar kepada Batam Pos.

Blanko KTP-el ini, katanya, sesuai dengan undangan yang diterima, maka dia langsung menjemputnya ke Jakarta. Jumlah 8 ribu tersebut diperkirakan bisa selesai mencetak dalam waktu dua bulan daftar masyarakat yang sudah melakukan perekaman dan belum pernah memiliki E-KTPl. Untuk jumlah total keseluruhan perekaman, dia tidak ingat. Sebab, masih berada di luar daerah. Yang jelas, daftar tunggu bisa berkurang.

”Untuk lebih jelasnya, mulai dari jumlah data perekaman dan termasuk jumlah pelajar SLTA yang telah melakukan perekaman tunggu saya sampai di Tanjungbalai Karimun. Selain itu, kita berharap masyarakat yang sama sekali belum melakukan perekaman data untuk permohonan KTP-el agar mendatangi kantor camat dimana berdomisili,” katanya. (san)

Respon Anda?

komentar