Kamis, 25 April 2024

Liburan ke Batam, Tak Sekedar Memanjakan Mata

Berita Terkait

foto: kemendagri.go.id

Sejak puluhan tahun yang lalu, Batam dikenal sebagai pulau yang menjadi gerbang pertama jalur perdagangan laut di Indonesia. Pulau ini juga memiliki aturan tersendiri soal pajak barang impor yang membuatnya jadi jujugan para pedagang untuk kulakan berbagai barang.

Tapi Batam tidak hanya surga bagi para pedagang dan pengusaha. Pulau ini juga memiliki keindahan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Hampir sama dengan kepulauan di Riau lainnya, Batam juga memiliki pantai-pantai yang amat indah. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Melur yang memiliki pasir putih nan landai dan air laut yang gelombangnya tak terlalu tinggi.

Dengan geografis pantai yang seperti ini, Pantai Melur bisa jadi jujugan pertama untuk liburan ke Batam. Lautnya yang tenang bisa dipakai untuk berenang, dan juga bermain banana boat atau sekedar rebahan santai di atas pasirnya.

Selain Pantai Melur, tempat wisata favorit lainnya adalah Pantai Nongsa. Lokasinya sangat dekat dengan bandara dan juga pusat kota. Jadi mudah saja untuk menikmati indahnya pantai yang cantik ini.

foto: via skpd.batamkota.go.id

Pada akhir pekan, Pantai Nongsa biasanya penuh dengan wisatawan dari berbagai kota. Dengan harga tiket pesawat ke Batam yang semakin murah, dan tiket pesawatnya pun bisa didapatkan secara online dengan mudah, semakin banyak wisatawan yang berburu keindahan Pantai Nongsa di akhir pekan. Untuk informasi lebih banyak mengenai harga & pemesanan tiket, klik link berikut.

Di malam hari, Batam memiliki tempat wisata yang cantik-cantik seperti Bukit Senyum. Dari bukit ini, pemandangan kota Batam dan Singapura nampak jelas dan sangat indah. Selain itu juga ada wahana Ocarina Park yang boleh dibilang sebagai miniature ferris wheel di Singapura yang menjulang. Bianglala ini dibangun di tepi pantai seperti di negara tetangga, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Tapi soal pemandangan dari atas bianglalanya, sama indah dengan milik Singapura.

Yang menjadi tempat liburan andalan di Batam tentu saja berbagai mall dan pasar-pasar yang bisa membuat mata jadi lapar. Mulai dari tas-tas branded dengan berbagai tingkat kualitas, sampai barang elektronik yang bisa dibeli tanpa pajak barang mewah, semua ada di Batam.

Namun jika berniat untuk membeli barang elektronik, harus senantiasa berhati-hati dalam memilih, terutama untuk yang tergoda dengan penawaran online. Berbeda dengan tiket pesawat online yang terjamin keamanan transaksi dan barangnya, membeli ponsel atau kamera barang Batam secara online cukup rawan. Bahkan yang metode transaksinya COD sekalipun, harus benar-benar dilihat dengan seksama barang yang ditawarkan, sebelum memutuskan untuk membeli.

Liburan ke Batam juga tidak lengkap jika tidak mencicip kuliner-kuliner yang bertebaran di seluruh sudut kota. Memang belum ada kuliner yang sangat khas dari pulau ini, tapi yang wajib dicoba adalah makanan berbahan dasar seafood yang beraneka ragam. Mulai dari kepiting, cumi sampai kerang ada di berbagai resto di Batam.

Selain itu kuliner yang banyak diburu di Batam adalah masakan-masakan khas Melayu. Ada banyak resto dan warung pinggir jalan yang menyajikan berbagai menu seperti mie tarempa dan luti gendang. Menu-menu ini wajib dicicip agar sah sudah pernah liburan ke Batam.

Batam tak hanya cocok jadi tempat belanja berbagai barang untuk dijual kembali. Tapi juga bisa jadi tujuan wisata yang tak kalah menarik dibandingkan dengan pulau-pulau lain di kawasan Kepulauan Riau dan Tanjung Pinang. ***

Update