batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, untuk menjual Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki berbagai potensi yang sangat menjanjikan di segala bidang, harus memiliki komunikasi yang sangat baik. Sebab, jika salah dalam penyampaian, dikhawatirkan malah akan menjadi tanggapan yang negatif.

“Kuncinya komunikasi. Zaman sudah semakin canggih, tak perlu kita studi banding sampai jauh jauh ke luar negeri, kalau komunikasi bagus, terjuallah potensi Kepri ini,” jelas Gubernur pada acara Seminar Nasional Penguatan Komunikasi Dalam Industri Pariwisata, Budaya dan Ekonomi Kreatif di Hotel CK Tanjungpinang, Rabu (22/4).

Menurut Nurdin, arah kebijakan pariwisata Kepri menuju gerbang wisata bahari Indonesia itu adalah bagian dan strategi penguatan komunikasi pariwisata. Hal ini karena Kepri ingin merebut brand potitioning yang membedakannya dari daerah lain di Indonesia.

“Wonderful Kepri juga bagian dari strategi penguatan komunikasi pariwisata kita, karena org ingat Kepri bukan Riau. Akronim Kepri dari perspektif pariwisata sangat menguntungkan strategi pariwisata kita agar tidak confius dengan Riau,” kata Nurdin.

Tampak hadir dalam kesempatan itu Sekdaprov HTS Arif Fadillah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Guntur Sakti, dan Pakar Komunikasi Pariwisata dari Universitas Tujubelas Agustus Surabaya Prof HM Burhan Bungin.

Menurut Nurdin, setelah komunikasi diberikan secara baik, berbagai potensi alam di Kepri akan menjadi lebih mudah terjual.

“Alam Kepri sangat indah di Anambas, Bintan dan Natuna, sampaikan dengan komunikasi yang indah, saya yakin akan ramai yang datang dan berkunjung,” tambahnya.

Begitu juga di Lingga, Karimun, Tanjungpinang dan Batam, kata Nurdin, memiliki potensi yang sangat banyak dan menjanjikan.

Gubernur sendiri dalam berbagai kesempatan selalu mengkomunikasikan segala potensi yang ada di Kepri. Baik untuk menarik minat investor maupun mendatangkan banyak pelancong.

Dalam acara Update The Region di Kementerian Luar Negeri, misalnya, Nurdin langsung mengkomunikasikan kepada sejumlah Duta Besar Negara Sahabat tentang Kepri. Malah Nurdin mengajak para Dubes untuk segera berkunjung di Kepri.

“Datanglah ke Kepri, banyak potensi. Baik untuk industri, juga segala pesona wisata bisa dinikmati,” kata Nurdin.

Dalam berbagai iven internasional pun, Gubernur selalu memgkomunikasikan Kepri. Ketika diundang pada acara Singapore Yatch Show, misalnya, Gubernur pun memgkomunikasikan pesona Kepri.

Menurut Nurdin, banyak cara untuk mengkomunikasikan potensi dan pesona Kepri. Kecanggihan teknologi, beragam jenis media, misalnya, menjadi salah satu cara mengkomunikasikannya. (bni)

Respon Anda?

komentar