Kamis, 18 April 2024

“Omong Kosong Ekonomi bakal Membaik”

Berita Terkait

Ketua KPPU KPD Batam, Lukman Sungkar.  Foto:Rezza Herdiyanto/Batam Pos

batampos.co.id – Praktik kartel bisa tumbuh subur karena Batam memiliki puluhan pelabuhan tidak resmi (tikus) yang memudahkan masuknya barang dari luar negeri.

Sehingga para kartel sangat mudah mengatur harga komoditas tertentu.

“Ketika dikuasai satu dua orang, harga dapat dengan mudah ditetapkan. Terlebih lagi, Batam bukan daerah penghasil,” kata Lukman saat berkunjung ke Batam Pos mendampingi Ketua KPPU Pusat, Muhammad Syarkawi Ra’uf, Kamis (13/4).

Lukman mengatakan, di antara komoditas yang rawan menjadi permainan kartel adalah komoditas pangan. Selain itu juga komoditas industri, keuangan, kesehatan, dan logistik. Karenanya, kelima bidang itu akan menjadi fokus pengawasan KPPU.

“Berbicara pangan misalnya, harga daging sapi di Indonesia salah satu yang termahal di dunia. Padahal lahan kita banyak, begitu juga dengan gula, dimana harga di Indonesia setengah dari harga di Singapura,” tutur Komisioner KPPU, Nawir Messi.

Begitu juga industri dan keuangan. Tingkat suku bunga di Indonesia menjadi salah satu paling tinggi. Dibanding negara-negara lain, suku bunga ritel modal kerja hanya berkisar di bawah 2 atau 1 persen. Sementara di Indonesia, suku bunga 8 persen saja sudah dianggap rendah.

“Kalau ini tak didorong, omong kosong ekonomi bakal membaik,” tuturnya.

Di Bidang kesehatan, Messi mencontohkan maraknya praktik dokter yang mengarahkan pasien membeli obat dengan merek tertentu saat memberikan resep. Sehingga bukan pasar lagi yang menentukan.

Terkait hal ini, KPPU pernah memberikan saran agar apotek menyediakan obat-obat generik dan sudah disetujui pemerintah.

“Apakah diterapkan atau tidak teman-teman media yang bisa memberikan informasi,” tuturnya lagi. (rng)

Update