Kamis, 28 Maret 2024

Tim Teknis Kementan Jajaki Tanaman Pangan

Berita Terkait

Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun (kanan) didampingi Bupati Lingga, Alias Wello (kiri) saat mengunjungi lokasi pilot project pencetakan sawah di Desa Sungai Besar, Lingga Utara, beberapa waktu lalu. F.Wijaya Satria/batampos.

batampos.co.id – Kasubbag Humas Sabirin menjelaskan kunjungan Tim teknis lumbung pangan Nasional dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI yang di ketuai Bambang Prasetyo ke Kabupaten Lingga untuk menjajaki potensi produk unggulan disuatu daerah untuk menuju sasaran lumbung pangan berbasis ekspor.

“Mereka mengunjungi sejumlah wilayah perbatasan di Indonesia termasuk Kabupaten Lingga untuk meningkatkan tanaman pangan skala ekspor,” ujar Sabirin kepada Batam Pos, Kamis (13/4) pagi.
Dalam kunjungan itu, tim teknis turun langsung meninjau lahan persawahan di Sungai Besar dan Bukit Langkap serta di Desa Resang dan produk pertanian lainnya seperti tanaman holtikultura yang ada dibeberapa lokasi di Tanah Bunda Melayu.
Selain itu mereka juga akan memberikan masukan teknis dengan sistem kerja yang nantinya akan dipelajari dan didiskusikan secara teknis bersama kepala daerah. Tidak hanya menggali jenis pertanian yang berpotensi untuk diekspor, tim teknis Kementan juga akan membantu pemecahan masalah pengembangan disektor pertanian tersebut. Baik itu kendala yang terjadi dilapangan ataupun segala bentuk penghambatnya.
Bambang menerangkan, dalam kunjungan berupa orientasi ekspor ini bisa membantu Kabupaten Lingga menjadi lumbung pangan nasional nantinya. Kemudian percepatan penanaman sawah sesuai dengan arahan Menteri agar dilakukan secapat mungkin.
“Yang pasti Kementan siap mendukung pengembangan sektor pertanian yang potensial di suatu daerah, baik dalam bentuk sarana–prasarana, penyuluhan dan sebagainya, kemudian pembentukan model usaha,” ujar Bambang.
Dengan kunjungan tersebut, Bupati Lingga Alias Wello mengucapkan apresiasi yang besar atas keperdulian Kementerian Pertanian dari berbagai hal seperti masukan yang sangat dibutuhkan Kabupaten Lingga untuk memecahkan masalah yang ada. Semoga kunjungan ini juga dapat mencapai tahap ekspor bagi pertanian di Tanah Bunda Melayu.
“Mudahan-mudahan dengan kedatangan bapak ibu dari tim teknis Kementan ini bisa memberikan semangat baru bagi kami untuk komit menjadi wilayah lumbung pangan nasional,” ungkap Alias Wello. (wsa)

Update