Gurun Pasir Busung, Destinasi Wisata Baru

Sejumlah warga mengunjungi Gurun Pasir bekas Tambang pasir di Desa Busung Kecamatan Sri Kuala Lobam, Bintan, Minggu (16/4). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Cuaca panas tidak menghalangi sejumlah warga berekreasi dan menikmati hari libur dengan mengunjungi lokasi bekas tambang pasir di kawasan Desa busung Kecamatan Sri Kuala Lobam Bintan, Minggu (16/4).

Kawasan yang kini disebut sebagai wisata gurun pasir Busung tersebut menjadi salah satu destinasi wisata bagi warga di Bintan dan Tanjungpinang. Seperti yang dilakukan Dedi, ia rela menyewa kendaraan untuk memboyong keluarga besarnya dari Tanjungpinang menuju kawasan tersebut.

“Penasaran aja, keluarga pun pengen lihat gurun pasir yang ramai dibicarakan orang ini,” kata Dedi.

Tidak hanya itu, ia pun menyempatkan diri bersama keluarga mengabadikan gurun pasir yang mirip dengan gurun sahara tersebut dengan berswafoto. “Pemandangannya sangat indah dan cantik, mirip gurun pasir betulan, jadi cocok untuk foto-foto di sini (Gurun Pasir, red),” ujarnya.

Kawasan yang dikelola Badan Usahan Milik Desa (BUMDes) ini, tentunya bisa menguntungkan warga sekitar dengan berjualan di sekitar gurun pasir tersebut sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga setempat. “Yang jualan masih sedikit, jadi ke depannya pengelola bisa menyediakan tempat untuk warga sekitar yang ingin berjualan,” kata Dedi.

Mahidin, salah seorang warga setempat yang juga pengelola parkir mengatakan, sejak delapan bulan terakhir khusunya setiap hari libur, bekas tambang pasir yang pernah beroperasi tahun 90an ini memang ramai dikunjungi warga.

“Kalau hari libur, khususnya hari Sabtu dan Minggu, dari pagi hari sudah ramai, banyak yang datang dari Tanjungpinang,” katanya.

Mahidin berharap dengan adanya wisata gurun pasir, dapat memajukan pariwisata di Bintan dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat yang membuka usaha di kawasan tersebut. “Kami berharap wisatawan luar daerah bisa mengunjungi gurun pasir ini sebagai tujuan wisata,” pungkasnya. (odi)

Respon Anda?

komentar