Kamis, 25 April 2024

Mv. Lintas Kepri Siap Layani Mudik Lebaran

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Jamhur Ismail mengatakan kapal Mv. Lintas Kepri akan dikelola oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Provinsi Kepri. Yakni melalui PT. Pelabuhan Kepri (PK). Kapal tersebut dijadwalkan mulai berlayar pada bulan Ramadan mendatang.

“Sudah kita putuskan, BUP yang akan mengelola Mv. Lintas Kepri yang dibangun oleh Pemprov Kepri, ” ujar Jamhur Ismail menjawab pertanyaan Batam Pos, Senin (17/4) di Tanjungpinang.

Menurut Jamhur, saat ini, pihaknya tinggal menunggu keputusan dari Gubernur. Dikatakannya surat pemberitahuan sudah disampaikan kepada Gubernur 1,5 bulan yang lalu. Masih kata Jamhur, sebelum sampai ke Gubernur, masih harus melalui telaah Biro Hukum dan Biro Ekonomi. Karena memang perlu dikaji baik positif maupun negatif atas sebuah kebijakan yang dibuat.

“Kita tidak mahu bertentangan dengan hukum. Tentu perlu dikaji terlebih dahulu, sebelum disampaikan kepada pak gubernur,” papar Jamhur.

Mantan Perwira TNI tersebut juga mengatakan, untuk mendukung kebijakan ini, Pemprov Kepri akan melakukan penyertaan modal senilai harga kapal kepada PT. Pelabuhan Kepri. Ditegaskan Jamhur, operasional Mv. Lintas Kepri diharapkan sudah terlaksana ramadan mendatang.

“Ini juga langkah antisipasi dalam menghadapi arus mudik lebaran nanti. Mudah-mudahan rencana ini mendapat dukungan dari pak gubernur,” papar Jamhur.

Lebih lanjut katanya, dalam hal operasional kapal cepat itu nanti, Pemprov Kepri tidak lagi memberikan subsidi kepada BUP. Karena subsidi sifatnya hanya membebankan keuangan daerah. Ia berharap dengan beroperasinya Mv. Lintas Kepri bisa memberikan kontribusi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kepri dari sektor perhubungan.

“Belum lama ini, kami sudah melakukan peninjauan ke PT. Palindo Batam untuk melihat kondisi Mv. Lintas Kepri. Kapal cepat merupakan kebutuhan bagi pelayanan transportasi orang di Kepri,” jelas Jamhur.

Disinggung mengenai rute pelayaran kapal tersebut, Jamhur mengatakan ada permintaan supaya Mv. Lintas Kepri melayari Tanjungpinang-Lingga. Selain itu ada pertimbangan untuk tujuan Tanjungpinang-Batam. Kajian terakhir, adalah pelayaran luar negeri, yakni Tanjungpinang-Malaysia.

“Ini yang belum diputuskan. Tujuan pembangunan adalah untuk kesejahteraan masyarakat, mudah-mudahan kehadiran kapal cepat ini bisa memberikan manfaat bagi layanan transportasi masyarakat Kepri,” tutup Jamhur Ismail.

Seperti diketahui, Mv. Lintas Kepri senilai Rp 25,9 miliar telah selesai dikerjaan PT. Palindo Batam selaku kontraktor sejak Desember 2015 lalu. Kapal kelas Very Important Person (VIP) tersebut dibuat berbahan almunium yang dikerjakan secara teliti dan diawasi oleh PT. Mulia Artalokasi (MA) selaku Manajemen Konstruksi (MK). Adapun kapasitas kapal mirip MV. Oceana itu adalah 158 penumpang dengan panjang 35,60 meter. Sedangkan lebarnya adalah 5,60 meter dengan berat 129 gross ton (GT). (jpg)

Update