Server Terputus, Cetak E-KTP Ditunda

batampos.co.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Bintan, Yudha Inangsa mengaku meskipun blanko e-KTP sudah sampai di Kabupaten Bintan, namun pencetakan e-KTP hingga saat ini masih tertunda dan belum bisa dilakukan disebabkan ada gangguan koneksi jaringan server induk yang terputus.

“Kami belum bisa mencetak e-KTP sekarang. Koneksi jaringan server yang menyambungkan ke server induk masih terputus. Sekarang sedang diperbaiki oleh tim IT,” jelas Yudha diruang kerjanya, Senin (17/4).

Yudha mengatakan keterlambatan pencetakan e-KTP ini sudah berlangsung sejak blanko tiba di Bintan, Rabu (12/4) lalu.

“Kalau dihitung dari waktu kerja sudah tertunda 3 hari pencetakannya. Padahal kami sudah menargetkan begitu blanko datang langsung dicetak. Namun kerusakan jaringan yang terjadi diluar dugaan kami,” ungkapnya.

Meski begitu Yudha, memastikan pencetakan e-KTP sudah bisa normal kembali dilakukan pada Selasa besok (hari ini, red). Pasalnya tim IT sudah melakukan perbaikan langsung secara menyeluruh.

“Kenapa baru bisa dikerjakan sekarang? tentunya disebabkan karena untuk memanggil tim IT memerlukan waktu, sehingga baru bisa dilakukan perbaikan hari ini (kemarin, red). Tapi kita pastikan besok (hari ini, red) jaringan koneksinya sudah bagus dan pencetakan sudah bisa dimulai,” terangnya.

Tak lupa Yudha juga mengimbau kepada masyarakat Bintan, yang belum melakukan perekaman data untuk segera melakukannya di kecamatan masing-masing. Hal ini tentunya untuk memudahkan pencetakan e-KTP yang akan disejalankan dengan pembagian blanko tahap kedua nanti.

“Seperti pesan dari Kemendagri, dimana untuk pencetakan di seluruh wilayah di Indonesia sudah ditargetkan jumlahnya sebesar 25,9 juta. Dan itu akan selesai pada tahun ini. Untuk itu semuanya dipastikan harus sudah merekam data hingga akhir November. Terkhususnya bagi remaja yang sudah berumur 18 tahun,” imubuhnya. (cr20)

Respon Anda?

komentar