ilustrasi

batampos.co.id – Kementerian Agama (Kemenag)  mengajak Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Batam untuk memantau makanan selama pelaksanaan ibadah puasa di bulan ramadan.

“Ini untuk memastikan kehalan makanan mereka, terutama di hotel, tujuannya untuk memberikan jaminan kepada yang bepuasa,” kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Zulkifli Aka, Selasa (18/4) usai rapat koordinasi dengan media.

Dia menambahkan, jika tidak ada perubahan jadwal dan perhitungan, umat muslim di Indonesia akan mulai menjalankan ibadah puasa 25 Mei mendatang.

“Kurang lebih satu bulan lagi,” sebut Zulkifli.

Zulkifli menjelaskan hingga saat ini pelaksanaan sudah 80 persen termasuk menyusun imsakiyah waktu berbuka, sahur, jadwal salat yang akan digunakan selama bulan ramadan hingga penceramah untuk selama ramadan di beberapa media.

“Seperti imsakiyah sudah kami susun,” sebutnya.

Mengenai perbedaan yang sering muncul terkait penetapan awal ramadan, pria asal Aceh ini mengungkapkan itu boleh saja, karena dihitung berdasarkan perkiraan yang diyakini.

“Memang ada yang tidak serentak, tapi itu tidak masalah karena ini ibadah, yang jelas semua berjalan dengan aman dan damai,” ujarnya.

Untuk Batam sendiri, Zulkifli akan berkoordinasi dengan ulama dan tokoh organisasi dan menggelar rapat hingga memutuskan awal ramadan nanti. “Tentunya kami bahas bersama, karena ini kepentingan umat. Tapi yang jelas kita ikut pemerintah pastinya,” terangnya.

Umat islam yang akan menjalankan ibadah puasa nanti, diharapkan bisa berjalan lancar. Dan untuk yang tidak menjalankan bisa menghormati.

Dia juga berpesan kepada seluruh umat muslim untuk bisa meningkatkan ibadah di bulan ramadan, karena bulan yang penuh berkah, dan penuh ampunan.

“Kami juga mengajak seluruh intansi, dan media untuk mensiarkan ajaran agama. Mari kita sambut ramadan bulan yang penuh keberkahan dan ampunan ini,” tutupnya. (cr17)

Respon Anda?

komentar