batampos.co.id – Sebanyak 11 desa di Kabupaten Kepulauan Anambas hingga kini belum menyampaikan Surat Pertanggungjawaban kegiatan tahun 2016. Dari kecamatan Siantan ada satu desa yakni Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Jemaja ada Desa Rewak, Desa Landak, Desa Air Biru, dan Desa Impul, Kecamatan Palmatak (Desa Bayat, dan Desa Matak Kecil), Kecamatan Siantan Timur Desa Munjan dan Desa Airu Putih, Kecamatan Siantan Tengah Desa Teluk Siantan Kecamatan Siantan Selatan Desa Lingai, dan Terakhir Jemaja Timur Desa Kuala Maras dan Desa Genting Pulur.

Dari 11 desa yang belum menyampaikan SPJ tersebut ada dua desa yang didatangi langsung oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yakni Desa Bayat dan Desa Matak Kecil kecamatan Palmatak. Pasalnya kedua desa tersebut hingga saat ini masih belum menyampaikan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) seluruh kegiatan yang telah dikerjakan pada Tahun anggaran 2016 silam.

Akibat belum disampaikan SPJ tersebut membuat pencairan Triwulan I Dana Desa menjadi terhambat dan mengakibatkan pembangunan di desa juga terhambat.

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSP3PD) mengatakan Awaluddin, mengatakan, desa-desa yang masih belum menyampaikan SPJ tersebut langsung didatangi oleh BPK untuk melakukan Audit, bahkan untuk kecamatan palmatak itu BPK turun langsung.

“Untuk beberapa desa lain seperti Desa Teluk Siantan kecamatan Siantan Tengah sudah dipanggil menghadap BPK , selain itu untuk Desa Tarempa Selatan Kecamatan Siantan Kadesnya langsung dijemput untuk dipertemukan dengan BPK,” ungkap Awaluddin kemarin.

Untuk dua desa yakni desa Bayat itu diberi waktu dua minggu untuk menyelesaikan SPJ, sedangkan desa Matak Kecil ini diberikan waktu seminggu sudah harus selesai dan harus menyerahkan SPJ.

Namun diantara Kecamatan yang masih belum menyampaikan SPJ tersebut lanjut Awal, desa di kecamatan Jemaja yang menjadi terbanyak yakni terdapat 4 desa yakni desa rewak, Desa Impul, Desa Air Biru dan desa Landak. “Jemaja paling parah ada 4 desa yang belum sampaikan SPJ,” jelasnya. (sya)

Respon Anda?

komentar