Ada Alquran Raksasa di MTQ Karimun

233
Pengunjung melihat Alquran berukuran besar di stand bazar LPTQ di area MTQ Karimun. F. Tri Haryono/batampos.

batampos.co.id – Pelaksanaan MTQ IX Kabupaten Karimun di Stadion Badang Perkasa, pada hari keempat, kemarin (19/4) terus dikunjungi masyarakat. Setiap stand bazar dari 12 kecamatan masih menjadi perhatian pengunjung. Salah satunya, stand bazar LPTQ Kabupaten Karimun yang menghadirkan Alquran raksasa hasil karya R Muhi yang dikerjakan dengan tangan.

”Alhamudulillah, ramai dikunjungi warga melihat Alquran dan bertanya siapa yang mengerjakannya,” kata Eva, salah seorang petugas stand LPTQ Kabupaten Karimun.

Sementara R Muhi ketika dikonfirmasi mengatakan, pembuatan Alquran besar dengan ukuran 73 centimeter kali 103 centimeter dibikin secara manual. Artinya, dibikin dengan tulisan tangan yang memakan waktu 14 bulan atau satu tahun dua bulan. Pembuatannya dimulai Januari 2013 dan selesai Februari 2014 silam.

”Jadi saat itu saya bikin satu hari satu lembar yang dikerjakan pada malam hari. Dengan ketelitian dan ketekunan hingga selesai dikerjakan sampai 30 juz termasuk sekapur sirih dari pemangku kebijakan di Karimun,” kisahnya.

Alquran raksasa itu dibuat Muhi, sebagai kenang-kenangan kepada masyarakat kabupaten Karimun saat pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kepri. Sehingga, bisa dibaca oleh semua kalangan ketika ada pameran maupun pelaksanaan MTQ.

”Sudah beberapa kali pelaksanaan MTQ, Alquran berukuran raksasa ditampilkan kepada hal layak umum. Dan tanggapannya cukup positif memberikan inspirasi kepada masyarakat, bahwa Alquran sebagai pegangan hidup kita di dunia,” kata R Muhi yang mendapatkan informasi dari panitia stand bazar.

Camat Meral Barat yang juga ketua panitia MTQ IX Kabupaten Karimun, Monalisa mengatakan, selama pelaksanaan MTQ mulai dari pembukaan hingga hari ke empat berjalan lancar. Kamis (20/4) malam, secara resmi MTQ IX Kabupaten Karimun berakhir.(tri)

Respon Anda?

komentar