Bangun Pelabuhan, Tunggu Rekomendasi Gubernur

batampos.co.id – Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Tanjunguban, Letnan Kolonel Marinir R Gunawan mengatakan pihaknya terus fokus terkait rencana pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat Barang Teluk Sasa, di Sri Kuala Lobam.

Saat ini proses rencana pembangunan masih menunggu rekomendasi penetapan lokasi pelabuhan sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dari Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

“Target untuk membangun pelabuhan ini terus kami lakukan. Rekomendasi juga sudah diberikan ke gubernur. Tinggal tunggu hasilnya untuk segera dilanjutkan ke pusat,” ungkap Gunawan, Rabu (19/4) lalu.

Ia menjelaskan untuk mendukung proses pembangunan pelabuhan tersebut, pihaknya juga sudah mempersiapkan berbagai kelengkapan persayaratan yang dibutuhkan.

Diantaranya, master plan pelabuhan, tanah seluas 1 hektare yang akan digunakan untuk pelabuhan yang sudah memiliki sertifikat hak milik, dan tentunya rekomendasi dari Bupati Bintan, selaku Kepala Daerah di Kabupaten Bintan.

“Kami sudah mempersiapkan semuanya. Selanjutnya tinggal melakukan study teknis yang akan segera kami lakukan di pusat nanti,” sebutnya.

Gunawan menuturkan hasil dari rekomendasi gubernur tersebut, tentunya sangat penting untuk menentukan pembangunan pelabuhan Teluk Sasa.

Pasalnya penetapan lokasi pelabuhan, sesuai dengan RTRW merupakan salah satu persyaratan wajib untuk membangun sebuah pelabuhan. Dan kewenangannya itu ada pada Gubernur Kepri, selaku kepala daerah tertinggi di Provinsi Kepri.

“Kami berharap gubernur bisa segera melakukan penetapan lokasi untuk pelabuhan. Supaya pembangunan bisa segera berjalan. Karena kami menargetkan tahun 2017 perencanaan pembangunan sudah bisa berjalan dan tahun 2018 fisik sudah bisa dibangun,” tuturnya.

Gunawan menambahkan dengan segera dibangunnya pelabuhan ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Bintan.

“Mudah-mudahan hadirnya pelabuhan ini dapat memberikan kontribusi besar terhadap PAD Bintan, sehingga ekonomi Bintan, semakin maju dan berkembang,” imbuhnya. (cr20)

Respon Anda?

komentar