batampos.co.id – Sebanyak 41 calon pelamar anggota Polri khusus jalur Bintara yang mendaftar di Polres Bintan, gagal ikut seleksi di Mapolda Kepri. Semuanya dinyatakan gugur sebelum mengikuti seleksi, karena faktor tinggi badan yang tidak sesuai kriteria.

“Dari 143 pelamar yang mengikuti pendaftaran awal disini (Bintan, red) hanya 102 pelamar yang lulus dan bisa ikut seleksi selanjutnya di Polda Kepri,” kata
Kepala Bagian Sumber Daya (Kabag Sumda) Polres Bintan, Kompol Suhaili, di ruang kerjanya, Kamis (20/4).

Suhaili menuturkan dari 102 pelamar yang lulus, 80 pelamar diantaranya, Bintara laki-laki, dan 22 pelamar adalah calon polwan.

“Mereka sudah berangkat ke Polda Kepri di Batam, dari Minggu kemarin,” ujarnya.

Selain pelamar dari jalur Bintara, lanjutnya terdata juga ada 11 pelamar taruna Akademi Polisi (Akpol) yang mendaftar, dan hanya 6 orang yang dinyatakan terverifikasi dan bisa melanjutkan seleksi selanjutnya di Polda Kepri. Diantaranya, seleksi administrasi, kesehatan, psikologi dan lainnya.

Sementara itu, untuk pelamar jalur Tantama juga tercatat ada 7 pelamar yang mendaftar, dan semuanya dinyatakan lulus terverifikasi.

Suhaili menyebutkan antusias masyarakat untuk bergabung ke Korps Bhayangkara tahun ini cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya. Dimana tahun lalu jumlah pelamar tidak lebih dari 100 pelamar.

“Kami melihat tahun ini animo masyarakat memang cukup tinggi, tentunya ini sangat positif,” ungkapnya.

Suhaili menjelaskan terkait banyaknya jumlah pelamar yang tidak lulus verifikasi ditingkat Polres Bintan, tentunya disebabkan banyak faktor. Seperti tinggi badan yang tidak sesuai dengan kriteria anggota Polri, yakni laki-laki harus memiliki tinggi badan 165 cm, Sedangkan perempuan minimal memiliki tinggi badan 160 cm.

Selain faktor tinggi badan, lanjutnya banyak juga dari pelamar yang tidak lulus, karena disebabkan usianya melebihi batas dari usia maksimal 21 tahun.

“Ada juga pelamar yang sudah mendaftar, tapi tidak datang lagi sampai batas akhir waktu penyerahan berkas kembali,” sebutnya.

Sementara itu, Staff Sumda Polres Bintan Iptu Adiyanto menyebutkan apabila para pelamar yang mengikuti seleksi lanjutan di Polda Kepri, lulus tentunya segera akan mengikuti pendidikan selama beberapa bulan kedepan.

Seperti pelamar jalur bintara mengikuti pendidikan selama 7 bulan, dan calon Tamtama Polri mengikuti pendidikan selama 5 bulan di SPN Polda Kepri di Kundur.
“Terkhusus Taruna Akpol (Akademi Polisi) pendidikannya 4 tahun,” imbuhnya. (cr20)

Respon Anda?

komentar