Ketua LPTQ Karimun, Anwar Hasyim saat memaparkan program kerja pada Rakerda IV LPTQ di Gedung Balai Adat Melayu Poros, kamis (20/4). F. Tri Haryono/batampos

batampos.co.id – Bupati Aunur Rafiq membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke-IV Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Karimun, Kamis (20/4) kemarin. Mengambil tempat di gedung Balai Adat Melayu Poros, Bupati mengajak kepada pengurus LPTQ untuk terus melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap ustad, dan ustazah di TPQ maupun DTA dengan jumlah 2.000 guru pengajar termasuk qori dan qoriah di setiap cabang.

”Melalui raker LPTQ inilah, bagaimana menetapkan langkah-langkah dan kebijakan strategi dalam rangkat meningkatkan mutu bacaan dan pemahaman serta minat baca dan menghafal Alquran di Kabupaten Karimun. Kita sudah melaksanakan satu hari satu ayat bagi pelajar muslim,” ujar Aunur Rafiq.

Sementara Wakil Bupati Anwar Hasyim yang juga Ketua LPTQ Karimun memaparkan, rakerda dilaksanakan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program LPTQ Kabupaten Karimun selama tahun 2016 lalu. Kemudian, menyusun prograk kerja tahun 2017 yang mengacu kepada program kerja lima tahun (2017-2021) yang sudah ditetapkan pada Musda tahun 2016 lalu.

”Selain melakukan evaluasi program LPTQ Kabupaten Karimun, kita juga ingin bagaimana melakukan kaderisasi terhadap dewan hakim ke depannya. Melalui pelaksanaan MTQ saat inilah, kita bisa mencari kaderisasi dewan hakim yang sesuai dengan kreteria,” jelas Anwar.

Lanjutnya pihaknya akan menentukan kecamatan mana saja sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-X ke depan. Mengingat, masih ada dua kecamatan yang belum menjadi tuan rumah yaitu Kecamatan Ungar dan Belat. (tri)

Respon Anda?

komentar