batampos.co.id – Duta Besar Jerman untuk Indonesia H.E. Mr. Michael Von Ungern Stenberg bertemu Gubernur Kepri Nurdin Basirun sebelum menuju Kabupaten Natuna. Pertemuan tersebut membicarakan rencana Pemerintah Jerman untuk melakukan beberapa penelitian di Natuna untuk kemajuan daerah tersebut.

Penelitian yang akan dilakukan Pemerintah Jerman tersebut bekerja sama dengan Institut Tekhnologi Sepuluh Nopember yakni dibidang teknologi dan kelautan. Natuna dipilih Pemerintah Jerman karena adanya saran dari Kementerian Luar Negeri dan seiring dengan target Presiden RI untuk pengembangan Natuna dari berbagai sektor.

“Pemerintah Jerman juga berkepentingan dengan Natuna karena banyak kapal dari Jerman yang melalui laut Natuna. Selain itu kami juga melihat Natuna penuh potensi karena berada di perbatasan yang langsung berhadapan dengan negara asing. Pemerintah Jerman mengharuskan menjalin kerjasama dengan negara-negara lain yang bersentuhan dengan Jerman,” jelasnya.

Kerja sama yang disebut inisiatif pengembangan kepulauan ini nantinya mencakup bidang telekomunikasi yang diistilahkan dengan Digital Island.

Digital Island akan membantu pemerintah daerah dan masyarakat umum termasuk nelayan dalam melakukan berbagai komunikasi. Targetnya dengan kelancaran komunikasi akan memperbaiki taraf perekonomian masyarakat setempat.

Selain itu Pemerintah Jerman juga akan melakukan penelitian dibidang insfrastruktur dan pengembangan ekonomi.

Dubes Jerman menyebutkan meskipun kantor mereka di Jakarta tetapi pemerintahnya mewajibkan menjalin kerjasama dengan daerah-daerah yang ada di Indonesia terutama yang bersentuhan langsung dengan orang-orang Jerman di Indonesia.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun sangat mengapresiasi maksud Dubes Jerman menemuinya sebelum ke Natuna.

Gubernur bahkan mengutus Tiga Kepala Dinas Provinsi Kepri mendampingi Dubes Jerman dan Tim selama di Natuna. Ketiga Kadis tersebut adalah Kadis Kelautan dan Perikanana Edy Sofyan, Kadis Pariwisata Buralimar dan Kadis Kominfo Guntur Sakti.

Selain itu Gubernur juga menitipkan pesan pada Dubes agar bisa juga investasi di Bidang energy listrik.

“Natuna penuh pesona Pak Dubes. Tak salah President punya target besar untuk daerah ini. Selain sektor kalautan, pariwisata dan pontensi alam lainnya juga bagus,” jelas Nurdin yang dalam pertemuan itu juga didampingi Sekdaprov HTS Arif Fadillah.

Gubernur juga meminta Pemerintah Jerman membawa para pengusaha calon investor untuk datang ke Natuna.

Permintaan Gubernur tersebut langsung dipenuhi oleh Dubes Jerman. Dia berjanji setelah selesai penelitian di Natuna ini mereka akan membawa pengusaha-pengusaha Jerman ke Kepri.

Selain pendampingan oleh tiga Kadis Kepri, Dubes Jerman juga akan didampingi oleh Bupati Natuna selama melakukan penelitian di sana. Dubes dijadwalkan ke Pulau Senoa, ke Wilaya Tanjung di Bunguran Barat sampai Kamis nanti. Keberangkatan ke Natuna Rabu (25/4) ini. (bni)

Respon Anda?

komentar