Siti anggota DPR RI dari Fraksi PAN ketika memberikan edukasi terhadap Obat dan Makanan. F. Tri Haryono/batampos.

batampos.co.id – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksai PAN, Siti Sarwindah mengatakan, pentingnya cerdas dan cermat serta teliti dalam membeli obat-obatan dan makanan yang beredar di tengah-tengah masyarakat.

Kalau hal tersebut dapat dilakukan, maka dapat meminimalisir, terjadinya penyakit di dalam tubuh akibat asal membeli obat-obatan dan makanan. Sebab, apabila tidak cermat akan mengakibatkan fatal terhadap fungsi organ tubuh itu sendiri.

”Sosialisasi ini, supaya masyarakat mengetahui dampak terhadap makanan maupun obat-obatan yang tidak berstandar Nasional. Dengan Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman (GNPOPA), mudah-mudah bisa membantu Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam pencegahan dini terhadap penyakit kronis,” jelas Siti, usai sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, informasi dan edukasi obat dan makanan di gedung serba guna kantor Bupati, kemarin (24/4).

Sedangkan Kepala Badan POM Batam Yulius Sacramento Tarigan mengungkapkan, pihaknya terus melakukan pengawasan disetiap wilayah dengan melakukan koordinasi lintas sektoral. Namun, tidak bisa maksimal dalam pengawasan apabila masyarakat sendiri tidak peduli. Artinya, masyarakat juga harus pintar dalam memilih obat-obatan dengan cara membeli atau menebus obat di apotik maupun toko obat yang mempunyai izin resmi.

”Paling penting lihat fisiknya, apakah masih tersegel dengan baik, kebersihan kemasan, label obat yang ada nomor registrasi dan tanggal kadaluarsanya. Dan harus waspada terhadap obat yang terjadi perbedaan harga cukup mencolok, termasuk jamu-jamuan,” ungkapnya.

Sementara untuk pangan atau makanan, bisa dilihat secara kasat mata dengan cara kondisi makanan itu sendiri. Kemudian, pastikan kemasan yang ada kapan kadaluarsannya dan cek izin edar dengan nomor pendaftaran apabila makanan tersebut diproduksi secara masal.

”Pokoknya, peranan kita semualah dalam pengawasan peredaran obat dan makanan,” ucapnya.

Di tempat yang sama Asisten I Pemkab Karimun Sensissiana menuturkan, supaya masyarakat untuk berprilaku hidup sehat dengan cara pintar memilih makanan maupun obat-obatan. Sehingga, dapat mendeteksi secara dini terhadap penyakit yang diderita oleh masyarakat itu.

”Apabila ada gejala sakit, silahkan secepatnya di cek ke Puskesmas, Posyandu maupun Rumah Sakit. Dan Pemerintah, sudah menyediakan berobat gratis bagi masyarakat kurang mampu maupun BPJS Kehatan,” katanya. (tri)

Respon Anda?

komentar