Jumat, 29 Maret 2024

Selama Ramadan, Disperindag Siapkan 30 Ribu Paket Sembako

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Zarefriadi mengatakan menghadapi Ramadan, pihaknya telah mempersiapkan 30 ribu paket bahan pokok.

“Semua sudah kami siapkan, sama degan tahun lalu,” kata Zaref, Senin (24/4/2017).

Dia menjelaskan 30 ribu sembako berisi minyak makan, gula, dan beras lima kilogram yang nantinya akan dibagikan di seluruh kecamatan.

“Kita kerjasama dengan pihak kecamatan juga, mereka yang menghitung warga yang akan mendapatkan sembako murah ini,” katanya.

Selain mengenai bahan pokok murah, pihaknya juga akan menyisir pasar- pasar untuk mengecek harga kebutuhan pokok.

“Ini untuk menghindari permainan distributor yang sering menaikkan harga pada momen hari besar seperti puasa dan Lebaran ini,” terang mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam ini.

Dia menyebutkan ada sedikitnya ada 39 distributor dan 40 pasar yang saat ini terdaftar di Disperindag, dan akan menjadi target operasi harga dan kebutuhan pokok masyarakat Batam.

“Ini salah satu upaya untuk mengawasi harga,” sebut dia.

Pengawasan ini juga berlaku di retail moderen, terutama tiga harga kebutuhan seperti minyak curah Rp 11 ribu, gula Rp 12.500, dan daging beku Rp 80 ribu.

“Yang penting kita mensyosialisasikan, bukan memberikan sanksi. Penyampaian secara persuasif, sehingga masyarakat mengerti, dan merubah mindset untuk tidak melulu bicara sanksi,” tutup Zaref.(cr17)

Update