Para pelajar yang tergabung dalam Foraka lagi berdiskusi saat pembentukan. F.Tri Haryono/batampos.

batampos.co.id РKeberadaan Forum Anak Karimun (Foraka) yang baru saja memilih ketua dan kepengurusannya untuk periode 2017-2019 sebagai wadah pengembangan kreativitas para pelajar mulai tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat. Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Dinas Pengendalian Penduduk, KB, PP dan PA Karimun Herita.

”Berdirinya Foraka ini sejak 2013 lalu. Dan sudah menciptakan pelajar yang berkualitas, hingga ada yang sudah sekolah di Cina dan beberapa daerah lainnya,” jelas wanita berjilbab ini, kemarin (25/4).

Tujuan pembentukan kepengurusan Foraka selain sebagai wadah pengembangan kreativitas pelajar juga untuk meningkatkan kreativitas pelajar, jugua untuk meningkatkan efektivitas pengembangan anak anak secara terkoordinasi, terencana dan berkeseinambungan.

Sebanyak 75 pelajar yang tergabung dalam Foraka, mereka belajar bagaimana menyatukan pendapat untuk menghasilkan suatu gagasan yang cermerlang sebagai masukkan kepada Kepala Daerah.

”Di sinilah, para pelajar dari berbagai karakter dan sifat satu dengan yang lainnya berbeda harus bisa disatukan dengan satu suara. Dan saya berharap bisa terbentuk Foraka hingga tingkat Desa/Kelurahan, agar bisa membantu pendampingan anak ketika ada kendala,” paparnya.

Sementara Ketua Foraka Muhammad Nur Hakim mengungkapkan, komitmennya untuk menjadikan kabupaten Karimun sebagai Kota Layak Anak (KLA). Supaya anak-anak Karimun bisa nyaman untuk beraktivitas di luar, dengan memberikan masukkan kepada Pemerintah Daerah dalam pembangunan fasilitas ruang terbuka untuk anak.
”Permainan tradisional sudah ditinggalkan oleh anak-anak zaman sekarang. Padahal permainan tradisional itu, sangat besar manfaatnya untuk mendidik karakter dalam kebersamaan,” ungkapnya. (tri)

Respon Anda?

komentar