5 Cara Ampuh Agar Tetap Aman Naik Kereta Api Saat Hamil

1149

Kereta api sekarang ini sudah menjadi salah satu moda transportasi umum yang banyak dipilih masyarakat Indonesia, tentunya karena segala kemudahan yang diberikan. Traveling ke mana saja dengan kereta api sekarang ini semakin mudah dengan adanya fasilitas yang bertambah lengkap. Lalu bagaimana dengan ibu hamil yang ingin melakukan traveling dengan menggunakan kereta api?

Ibu hamil yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api sah-sah saja, asalkan usia kehamilan sudah matang.

Setidaknya, ibu hamil sudah melalui trimester kedua atau memiliki usia kehamilan di atas tiga bulan. Namun, mengingat kondisi kehamilan setiap ibu berbeda, ada baiknya untuk melakukan konsultasi kepada dokter atau bidan terlebih dahulu sebelum bepergian jauh menggunakan kereta api.

Nah, setelah mendapatkan izin untuk bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api, ada beberapa hal yang perlu ibu hamil lakukan agar tetap aman dan nyaman saat traveling.

Yuk, simak 5 cara ampuh agar tetap aman dan nyaman naik kereta api saat hamil berikut ini!

Beli Tiket Kereta Api Online

Saat ini, sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk sekadar booking tiket kereta api. Bisa secara online, di toko-toko tertentu, atau langsung di stasiun. Nah, dibanding antre panjang untuk mendapatkan selembar tiket kereta api, lebih baik Anda membelinya secara online yang merupakan cara paling praktis. Perbedaan harga tiket yang dipesan secara online dan langsung tidak terlalu jauh, jadi tak akan rugi biaya sedikitpun.

Di zaman serba teknologi seperti sekarang, sudah banyak situs pemesanan tiket kereta api secara online, sebut saja salah satunya adalah Traveloka.

Situs pemesanan secara daring (dalam jaringan) ini tidak hanya melayani booking tiket pesawat, melainkan juga tiket kereta api. Hanya dalam waktu beberapa menit, Anda bisa mendapatkan tiket dengan tujuan yang dikehendaki. Setelah mendapatkan bukti pembayaran dan kode pemesanan, Anda tinggal mencetak tiket secara mandiri di alat yang sudah disediakan di stasiun sebelum keberangkatan. Sangat gampang, bukan? Jadi, kalau mau beli tiket kereta api, langsung saja reservasi di Traveloka.com atau situs-situs serupa.

Bawa Barang Secukupnya

Saat sedang hamil, kurangi membawa barang bawaan yang berat. Jika melakukan traveling dengan suami ataupun keluarga, biarkan mereka yang membawakan barang bawaan Anda. Namun, jika sedang melakukan solo traveling saat hamil, usahakan untuk membawa barang secukupnya saja. Jangan membawa banyak barang yang akan memberatkan dan membuat lelah karena perjalanan akan berakhir kurang menyenangkan.

Cara untuk menghindari segala bentuk hal yang tidak diinginkan, memang lebih baik jika Anda tidak melakukan solo traveling saat hamil. Ibu yang sedang hamil cenderung memiliki kondisi tubuh yang cepat lelah dan membutuhkan banyak istirahat. Oleh karena itu, lebih baik melibatkan seorang pendamping agar lebih aman dan nyaman karena Anda akan lebih terjaga.

Berangkat Lebih Awal

Agar tidak terburu-buru, Anda perlu untuk berangkat lebih awal. Cek kembali jadwal keberangkatan, kemudian datanglah setidaknya 30 menit lebih awal. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya macet saat menuju stasiun kereta api.

Terlebih lagi, jika jarak rumah jauh dari stasiun kereta api membutuhkan waktu yang cukup lama. Agar tidak bosan menunggu waktu keberangkatan, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas, seperti membaca buku, membeli kudapan, atau mengecek kembali barang bawaan.

Namun, jika kurang nyaman berada lama-lama di stasiun, Anda bisa berangkat 10 menit lebih awal dari waktu yang tertera di tiket kereta api. Dengan catatan, semua barang sudah terbawa agar nantinya tidak bolak-balik mengambil di rumah karena akan membuat rencana perjalanan berantakan.

Hindari Berdesak-desakan

Ketika turun dari kereta api, usahakan untuk menghindari momen desak-desakan. Daripada berdesakan dengan penumpang lain saat turun, lebih baik jika Anda membiarkan mereka terlebih dahulu. Jika sedang terburu-buru, Anda bisa menuju ke pintu terlebih dahulu ketika mengetahui tujuan sudah semakin dekat. Namun, meskipun begitu, tetap berhati-hati adalah hal paling bijak yang perlu untuk dilakukan.

Usahakan Alat Komunikasi Selalu Aktif

Mengingat Anda sedang dalam keadaan hamil, alangkah baiknya jika alat komunikasi selalu dalam keadaan aktif. Selain berguna untuk hiburan saat di perjalanan, alat komunikasi berupa smartphone atau ponsel sangat penting untuk menghubungi keluarga ataupun dokter jika sedang berada dalam keadaan darurat.

Selain itu, alat komunikasi yang dibawa juga akan memudahkan orang-orang terdekat untuk menanyakan atau memastikan kabar Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan agar perjalanan tetap nyaman dan aman, meskipun sedang hamil. Guna mengantisipasi agar stamina tetap terjaga saat melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta, ada baiknya jika Anda melakukan pola hidup sehat sebelumnya. Istirahat secara teratur, makan yang sehat dan seimbang, serta minum air putih yang cukup adalah beberapa hal utamanya. Selamat bepergian naik kereta api dan selalu jaga keamanan Anda! (*)

Respon Anda?

komentar