Jumat, 19 April 2024

Bandara Hang Nadim Batam, Surplus Penumpang

Berita Terkait

General Manager Operasional Bandar Hang Nadim Batam suwarso mengawasi penumpang memadati konter check in Bandara Hang Nadim Batam, Senin (24/4). Melonjaknya arus balik penumpang tersebut karena mereka akan melakukan perjalan pulang usai menikmati liburan di Batam.

batampos.co.id – Penumpang Hang Nadim naik sebesar 10 persen, pada periode Januari hingga Maret, bila dibandingkan pada tahun lalu. Dan jumlah ini diprediksi akan terus meningkat hingga akhir tahun 2017.

“Periode yang sama (Januari hingga Maret), pada tahun 2016 penumpang yang memadati Hang Nadim sebanyak 1.470.601 orang,” kata General Manager Operasional Hang Nadim, Suwarso, Kamis (27/4).

Sementara itu pada tahun 2017 dari Januari hingga Maret, sebanyak 1.627.464 orang yang memadati Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Bila melihat grafik penumpang di Hang Nadim yang naik terus setiap bulannya. Suwarso mengatakan hingga akhir tahun, diprediksi jumlah penumpang yang memadati Hang Nadim sebanyak 6,4 juta orang.

“Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu,” tutur Suwarso.

Pertumbuhan penumpang yang meningkat dari tahun ke tahunnya ini, terlihat dari data yang di dapat Batam Pos. Pada tahun 2013 tercatat dalam satu tahunnya penumpang memadati Hang Nadim sebanyak 4,1 juta orang, lalu tahun 2014 meningkat dikisaran 4,9 juta.

Pada tahun 2015 jumlah ini naik menjadi 5,3 juta dan tahun 2016 menjadi 6,1 juta. Tumbuh suburnya penumpang yang berlalulang di Hang Nadim disebabkan berbagai hal, mulai dari membaiknya perekonomian masyarakat dan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Batam.

Saat ini dalam satu harinya, Bandara Internasional Hang Nadim Batam bisa melayani sebanyak 136 hingga 140 penerbangan.

“Untuk penambahan rute atau jadwal penerbangan, masih belum ada,” tutur Suwarso. (ska)

Update