Plt Sekda Bintan, Adi Prihantara (kanan) memberikan piala kepada Camat Gunung Kijang, Satridha yang berhasil meraih juara 1 dalam ajang lomba masak gemar ikan dan lomba cipta menu 2017 di Lapangan Relief Antam Kijang, Rabu (26/4). F. Humas Pemkab Bintan.

batampos.co.id – Tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Gunung Kijang, berhasil meraih juara I untuk kedua kalinya, dalam ajang Lomba Masak Gemar Ikan dan Lomba Cipta Menu (B2SA) Tingkat Kabupaten Bintan, Tahun 2017, yang diselenggarakan di Lapangan Relief Antam Kijang, Selasa (26/4).

Atas prestasi yang membanggakan tersebut, tim PKK Kecamatan Gunung Kijang, berhak kembali mewakili Kabupaten Bintan, untuk mengikuti ajang yang sama ditingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PKK Kabupaten Bintan, bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Bintan, serta Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan, ini diikuti oleh 10 tim penggerak PKK kecamatan se-Kabupaten Bintan, dimana dari masing-masing kecamatan diwakili satu tim yang terdiri dari dua orang.

Ditangan ibu-ibu Tim penggerak PKK, ini ikan diolah menjadi kreasi yang menggoda lidah yang disulap menjadi hidangan keluarga, seperti ikan patin gulung saos kedelai, risoles ikan kulit cumi, serta menu balita mangkok ikan krim sup bayam udang.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bintan Deby Apri Sujadi, mengatakan lomba ini merupakan ajang untuk memotivasi ibu-ibu hebat dalam memasak, meskipun memiliki karir di luar rumah.

”Ini adalah ajang untuk menyalurkan bakat dan potensi para ibu dalam mengolah ikan menjadi aneka menu dalam kesehariannya, serta mempromosikan makanan ikan pada masyarakat luas,” ungkapnya, di Monumen Relief Antam, Kijang, Bintan Timur, Rabu (26/4).

Wanita yang akrab disapa Deby, ini menuturkan melalui lomba ini tentunya juga dapat mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat, melalui gerakan gemar makan ikan. Dimana sekaligus juga mengajak masyarakat akan kesadaran nilai gizi ikan dan mendorong kreatifitas yang berbasis pada Sumber Daya Lokal.

Di samping itu secara tidak langsung juga akan dapat membantu mengangkat penghasilan dari para nelayan. ”Saya berharap selepas mengikuti lomba ini ibu-ibu bisa saling bertukar resep untuk kemudian diterapkan dalam memasak menu ikanuntuk keluarga,” terangnya.

Lomba gemar masak ikan yang mengusung tema ‘dengan membudayakan gerakan makan ikan serta memanfaatkan sumber daya pangan lokal dalam Cipta Menu Makanan, keluarga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat sebagai upaya mewujudkan Bintan Gemilang’ ini dibuka langsung oleh Plt Sekda Kabupaten Bintan, Adi Prihantara.

Adi berharap dengan digelarnya kegiatan lomba ini dapat meningkatkan produktifitas masyarakat untuk menciptakan kreasi memasak menu terbaru, dengan tetap mengandalkan ciri khas dari produk lokal di Bintan.

“Mudah-mudahan ke depannya semua masyarakat di Bintan, dapat melakukan hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang dibuat sendiri dengan mengandalkan ikan yang menjadi hasil utama di Kabupaten Bintan,” terangnya.

Selain melaksanakan lomba, dalam kegiatan ini Pemkab Bintan, juga melepas 24 orang Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Bintan, yang siap akan berlaga di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, dalam ajang Pekan Nasional Petani Nelayan (PENAS).

“Saya harapkan agar kontingen yang berangkat ke Aceh bukan saja berlaga, namun juga bisa belajar tentang bagaimana mengembangkan produktifitas, serta mampu menunjukkan potensi Kabupaten Bintan, sesungguhnya,” imbuhnya. (cr20)

 

 

Respon Anda?

komentar