Jumat, 29 Maret 2024

Sosialisasi Rumah Subsidi Bagi PNS dan PTT

Berita Terkait

Sosialisasi BKPP- Bapertarum tentang rumah bersubsidi untuk ASN dan PTT yang dihadiri puluhan ASN Pemkab Lingga dan PTT, Rabu (26/4). F. Wijaya Satria/batampos.

batampos.co.id – Gandeng Bapertarum – PNS, pemerintah Kabupaten Lingga melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) gelar sosialisasi rumah bersubsidi bagi PNS dan PTT di aula kantor Bupati Lingga, Rabu (26/4) siang.

Sosialisasi itu dilakukan guna memberikan pemahaman dan kesejahteraan kepada para PNS maupun PTT yang berpenghasilan rendah untuk memanfaatkan kepemilikan rumah kredit (KPR) atau subsidi. Kegiatan itu juga dibuka langsung oleh Bupati Lingga Alias Wello. Dengan mendatangkan narasumber dari pihak REI dan Bank BTN.

“Ini merupakan tindak lanjut MoU kita kemarin, bahwa program pembangunan rumah bersubsidi diprioritaskan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Lingga yang belum memiliki rumah khususnya di wilayah Pulau Singkep, Pulau Lingga dan Pulau Sebangka. Program ini telah disepakati bersama antara Pemkab Lingga REI dan Bank BTN,” jelas Bupati Lingga, Alias Wello kepada para ASN dan PTT nya saat membuka kegiatan sosialisasi itu.

Dia mengatakan bahwa kerjasama ini menjadi bagian terpenting. Untuk itu dia berharap kepada seluruh ASN yang berada dibawah pemerintahanya agar benar-benar memanfaatkan kesempatan tersebut demi kenyamanan keberlangsung hidup.

Selain itu Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Dewan Pengawas Bapertarum-PNS, Direktur Perencanaan Strategis Bapertarum-PNS, Ketua DPD Rei Kepri dan juga kepada pihak Bank BTN terkait sosialisasi bantuan kepemilikan rumah bersubsidi bagi PNS dan masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Lingga.

“Terimakasih saya sampaikan, mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberi pemahaman kepada ASN kami untuk memanfaatkan kesempatan ini,” ucap Alias Wello.

Sementara didalam sosialiasi itu Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum – PNS) terlihat memberikan kesempatan dan keringanan seluas-seluasnya kepada ASN yang ada di Kabupaten Lingga untuk mendapatkan rumah bersubsidi itu. Bantuan keringanan tersebut berupa suntikan dana sebagai uang muka kepada para ASN.

“Ini memang kegiatan kita, dalam menyukseskan program dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mencanangkan program 1 juta rumah bersubsidi, baik bagi warga masyarakat maupun kalangan PNS yang berpenghasilan rendah. Dan juga memotivasi agar para ASN baik di Lingga dan seluruh wilayah di Indonesia menggunakan haknya mendapatkan Bantuan Uang Muka (BUM) jika mengambil rumah subsidi dari sejumlah pengembang perumahan,” kata Edy Darmawan, Direktur Perencanaan Strategis Bapertarum-PNS.

Dilakuan sosialisasi jelas Edy, lantaran saat ini dari data yang ia miliki, presentase para PNS dalam menggunakan hak mereka mendapatkan BUM, masih sedikit dibanding dengan masyarakat swasta. Untuk itu dia berharap kepada para ASN di Lingga agar mengambil kesempatan ini dengan sesegera mungkin.

Sementara untuk penerima BUM dikatakan Edy juga berbeda-beda. Golongan I Bapertarum memberikan bantuan sebesar Rp 5,2 juta, kemudian golongan II Rp 5,5 juta, dan Golongan III Rp 5,8 juta. Sedangkan untuk golongan 4 yakni Rp 4 juta, dengan ketentuan nantinya uang tersebut dapat diambil kembali pada waktu pengembalian tabungan.

“Bantuan itu kita berikan gratis kepada teman-teman PNS, yang akan mengambil rumah dengan cara KPR,” jelasnya kepada puluhan ASN Lingga yang hadir pada kegiatan itu. (wsa)

Update