batampos.co.id – Dinas Bina Marga (DBM) Kota Batam masih fokus mengerjakan tujuh proyek pelebaran jalan sepanjang 10.550 meter pada tahun 2017 ini. Sehingga pengaspalan dua proyek pelebaran jalan yang sudah selesai dikerjakan pada tahun 2016 akan dilakukan bertahap.
“Kita lakukan bertahap. Sebagai contoh simpang BNI ke Bundaran Madani, kita tuntaskan sekalian pengaspalan. Hanya saja sebelum diaspal, kita tambah dulu lebarnya,” kata Kepala Dinas Bina Marga (DBM) Kota Batam, Yumasnur, Rabu (26/4/2017).

Yumasnur menyebutkan, jalan tersebut saat ini masih tiga lajur, dan masih dalam tahap pengerjaan menjadi empat lajur. “Setelah itu (empat jalur) baru diaspal. Sesuai target, pelebaran dan pengaspalan selesai tahun ini juga,” janjinya.

Kemudian dari simpang CIMB Niaga menuju Pelita pada tahun ini direncanakan selesai pengaspalan. Lalu, simpang Planet menuju simpang The Hill akan dibuka dan dilebarkan. “Belum langsung diaspal,” tuturnya.

Sama halnya dengan simpang Telkom-Irinko, jalan dibuka dulu, kemudian dilebarkan sebelum akhirnya diaspal. “Sebagian jalan sudah ada yang dicor, cuma bertahap. Sesuai kemampuan keuangan daerah,” jelasnya.

Tujuh titik pelebaran jalan yakni Simpang Lippo-Pelita Telkom sepanjang 800 meter, underpas-Simpang Telkom-Irinko 1.450 meter, bundaran Hotel Planet-Simpang The Hill 800 meter, Simpang Baloi Center-Simpang Apartemen Harmoni 1.500 meter. Dua program lanjutan, yakni Simpang BNI-Bundaran Marina 1.500 meter, Simpang Jam-Simpang BNI 1.500 meter dan satu jalan dibangun oleh Dinas Provinsi Kepri, yaitu Simpang Frenki-Simpang BNI-underpas sepanjang 3 kilometer.

“Pembangunan dan pelebaran jalan ini diharapkan bisa mengurai kemcetan yang sering terjadi di Kota Batam,” sebut Yumasnur. (rng)

Respon Anda?

komentar