Kamis, 25 April 2024

40 Ribu Hektare untuk Transmigrasi di Natuna

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Natuna Hussyaini mengatakan, Pemerintah Pusat berencana akan menambah program transmigrasi lagi di Natuna. Dan rencananya akan dibuka di Kecamatan Bunguran Tengah.

Penambahan Satuan Pemukiman (SP) di Kecamatan Bunguran Tengah ini sambungnya, masih tergantung Pemerintah Daerah. Menerima atau tidak, pemindahan penduduk dari Jawa ke Natuna. Dan memang sebagian diperuntukkan transmigrasi lokal.

“Penambahan Satuan Pemukiman Transmigrasi masih rencana. Tetapi lokasinya sudah dikaji, di Kecamatan Bunguran Tengah. Karena merupakan kawasan transmigrasi pertama di Natuna tahun 80 an,” kata Hussyaini kemarin.

Dikatakan Hussyaini, saat ini di Kecamatan Bunguran Tengah sudah ditempati tiga Satuan Pemukiman transmigrasi. Pemerintah akan menambah lagi dua satuan pemukiman. Karena lahan masih mencukupi.

“Masih ada 40 ribu haktare lebih lahan HPL untuk transmigrasi di Kecamatan Bunguran Tengah. Tapi realisasinya tergantung pak Bupati nanti,” kata Hussyaini.

Camat Bunguran Tengah Saidir menilai, penambahan dua lagi satu pemukiman transmigrasi untuk pemindahan penduduk dari pulau Jawa yang sudah padat ke Natuna. Saat ini masih banyak lahan yang tidak terkelola masyarakat.

Saat ini di Kecamatan Bunguran Tengah kata Saidir, jumlah penduduknya baru mencapai 3 ribu lebih jiwa. Dengan potensi lahannya, bisa dikembangkan disektor pertania dan perkebunan.

“Di Kecamatan Bunguran Tengah memang masih banyak hutan yang tidak terkelola. Tentu sektor pertania dan perkebunan bisa dikembangkan seiring kebutuhan dan pertumbungan penduduk di Natuna,” ujar Saidir.

Dikatakan Saidir, di Natuna saat ini menjadi perioritas sektor pertanian dan perkebunan salah satunya di Kecamatan Bunguran Tengah dan Kecamatan Bunguran Batubi serta diwilayah Kecamatan Bunguran Utara.(arn)

Update