batampos.co.id – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam telah mengajukan anggaran sebesar Rp 300 miliar kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk pembangunan dua jalan lingkar (ring road) di Batam.

Kedua jalan itu akan menghubungkan Patam Lestari, Sekupang ke kawasan Jodoh serta Batamcenter menuju bandara atau SMAN 3 Batam. “Ring road Sekupang-Nagoya 4 kilometer, dan Batamcenter- Bandara 6,7 kilometer,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur, Kamis (27/4/2017).

Dia menjelaskan, untuk ring road Batamcenter-Bandara tengah menunggu ketersediaan anggaran dari pusat. Untuk Detail Engineering Desain (DED) telah selesai dan tim dari pusat sudah turun meninjau lokasi. “Mereka sudah setuju, tinggal menunggu dana saja,” ujarnya.

Proyek multi years ini diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang terjebak kepadatan arus lalu lintas, terutama di waktu-waktu sibuk seperti berangkat dan pulang kerja. Sedangkan untuk jalan lingkar yang nantinya menghubungkan Patam Lestari, Sekupang dengan Jodoh, Nagoya masih menunggu APBD-P untuk pembuatan DED.

Yumasnur memperkirakan, pembangunan fisik jalan lingkar ini akan dimulai pada awal tahun 2019 mendatang. “Prosesnya cukup panjang, selain menyelesaikan DED, juga harus ada kajian lingkungan yang nanti akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam,” jelas Yumasnur.

Dia berharap rencana ini bisa disetujui pemerintah pusat, dan anggaran yang dibutuhkan tersedia. “Kita sangat bergantung dari anggaran pusat, karena PAD kita sendiri tidak sanggup menangani dua proyek ini. Kalau kita yang handel semua bisa membutuhkan waktu hingga puluhan tahun,” ungkap Yumasnur. (cr17)

Respon Anda?

komentar