batampos.co.id – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bintan saat ini tengah berupaya mengaktifkan kembali koperasi yang akan difokuskan bagi masyarakat nelayan di Bintan.

Hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan Bintan.

Kepala DKP Bintan Fachrimsyah mengatakan untuk mensukseskan rencana tersebut, pihaknya akan menggandeng Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Bintan.

“Dalam hal ini mereka yang memiliki data koperasi. Kita akan mengacu dari data mereka (Dinas Koperasi, red) untuk mengetahui koperasi mana saja yang masih aktif. Khususnya koperasi para nelayan di Bintan,” jelas Fachrim, saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Tambelan, Jumat (28/4).

Ia menjelaskan rencana ini tentunya didukung dari instruksi yang diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, sehingga koperasi nelayan yang masih aktif, khususnya di Bintan akan segera dilaporkan ke KKP RI.

Tak hanya itu, dengan adanya koperasi tersebut, kedepan rencananya juga akan dibentuk sebuah forum bagi para nelayan yang ada disetiap kecamatan.

Hal ini bertujuan agar pendataan sekaligus penyaluran bantuan bisa lebih tepat guna untuk memajukan kesejahteraan masyarakat nelayan Bintan.

“Setelah ada forum ditingkat kecamatan. Selanjunya kita juga segera membentuk pengurus forum ditingkat kabupaten. Jadi setiap ada penyuluhan, dan penyaluran bantuan kita sudah memiliki wadah,” terangnya.

Menurutnya selama ini nelayan Bintan, lebih cenderung bergantung pada hasil tangkapan.

Padahal jika dilatih untuk pengolahan hasil tangkap ikan justru lebih efektif untuk memajukan kesejahteraan masyarakat nelayan Bintan.

“Kita harus mampu bersaing dengan beberapa pengusaha yang ada. Hanya saja koperasi yang ada tentu perlu mendapat bimbingan serius. Untuk itu kita akan bekerjasama dengan Dinas Koperasi, untuk membangun kordinasi yang dilanjutkan nantinya ke KKP RI,” imbuhnya. (cr20)

Respon Anda?

komentar