Gadget, siapa sih yang tidak lekat dengan barang satu ini? Nah, tentu kita ingin senantiasa sehat kan…. Terutama mata kita.

Solusinya adalah kita harus lebih pintar menyiasati pemakaian gadget supaya nggak over. Caranya bisa dengan melakukan langkah berikut.

Trik 20-20

Kadang kalau udah ngerjain sesuatu di laptop, susah banget buat berhenti. Misal lagi dapet pencerahan buat nugas. Atau bisa juga lagi asik-asiknya ngegame. Berasa kayak nggak ada waktu buat ngistirahatin mata. Padahal memforsir mata itu nggak baik loh Guys.

Padahal, sebenarnya untuk mengistirahatkan mata nggak perlu lama lama. Pakai aja trik 20-20 ini. Caranya, alihkan pandangan mata selama 20 detik setiap 20 menit melihat layar laptop. Meski nggak sampai 2% dari waktu menatap layar, cara ini efektif banget buat mengurangi lelah di mata akibat layar digital.

Pakai Kacamata Kalau Emang Minus

Udah tahu minus, masih aja males pakai kacamata kalau main gadget. Padahal kebiasaan ini menimbulkan banyak resiko loh, salah satunya minusmu bakal lebih cepat bertambah.

Selain itu, dengan mata minus artinya kamu nggak bisa terlalu jelas ngelihat huruf kecil-kecil di gadget. Secara nggak sadar, ini bakal memaksa otot matamu bekerja lebih keras loh! Nggak heran kalau matamu jadi cepet capek.

Cari Posisi yang Tepat

Selain trik 20-20, Ini bisa jadi salah satu lifehack yang bermanfaat buat ngurangi kerusakan mata akibat layar laptop. Caranya yaitu dengan mencari posisi yang tepat buat laptop-an.

Posisi yang tepat itu adalah kalau posisi matamu sejajar sama bagian atas layar. Ini bikin matamu nggak terlalu lelah buat ngelirik ke bawah maupun samping. Jangan ketinggian juga, karena matamu bakal susah ngelihat hurufnya lebih jauh.

ilustrasi

Jangan Main Gadget Sambil Tidur!

Meski hal ini emang enak banget dilakukan, kamu harus tau kalau main gadget sambil tiduran itu benar benar merusak mata. Sadar nggak, jarak pandangmu ke handphone itu makin lama makin deket gara-gara tanganmu capek nopang di posisi yang sama. Selain itu, posisi tiduran membuat matamu harus menghadap ke atas. Dan ini membuat otot mata lagi lagi bekerja lebih keras. Makanya, kalian pasti pernah kan ngerasa mata panas kalau terlalu lama bermain gadget sambil tiduran?

Emang sih, semua trik itu hanya mampu mengurangi dampak buruk dari penggunaan gadget yang berlebihan. Makanya, sebisa mungkin hindari selalu menatap layar gadget saat memang tidak ada yang perlu dilakukan. Biar mata kamu selalu sehat, Guys! (*)

Respon Anda?

komentar