M Firmansyah. F. Tri/batampos.

batampos.co.id –┬áPemerintah Kabupaten Karimun, belum lama ini mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kepri saat memperingati Hari Otonomi Daerah XXI di kantor Gubernur Kepri Dompak Tanjungpinang. Yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, bahwa Pemkab Karimun berhasil memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

”Sebagai penunjang pelayanan publik kita saat ini telah mempersiapkan smart city atau kota pintar yang berbasis Teknologi Informasi kepada masyarakat. Agar pelayann publik dapat diproses lebih cepat dan tepat waktu, sehingga bisa mengurang biaya pengeluaran bagi masyarakat nantinya,” kata Sekretaris Daerah Karimun M Firmansyah, kemarin (28/4).

Menurutnya, saat upacara Hari Otonomi Daerah ke-21 mengatakan, konsep “smart city” berbasis teknologi bertujuan agar masyarakat dapat memperoleh informasi secara mudah, cepat dan tepat tentang prosedur pelayanan publik yang disediakan pemerintah.

“Selain untuk pelayanan publik lebih cepat, juga memberikan edukasi kepada masyarakat supaya bisa menggunakan teknologi digital yang serba online. Dan aparatur atau petugas juga bersih dari pungutan liar,” katanya.

Masih kata Firmansyah lagi, otonomi daerah merupakan sebuah kebijakan Pemerintah Pusat untuk memberikan pelayanan publik lebih cepat di setiap Pemerintah Daerah/Kota yang ada di seluruh Indonesia. Dengan peningkatan kinerja aparatur pemerintah di daerah sehingga mampu mewujudkan pelayanan yang cepat, efektif dan efisien.

“Zaman sekarang semua serba digitalisasi. Dan sudah menjadi kebutuhan masyarakat umum termasuk dalam meningkatkan pelayanan publik di Pemerintahan. Seperti, pengurusan perizinan maupun yang lainnya,” terang Firmansyah. (tri)

Respon Anda?

komentar