Selasa, 19 Maret 2024

PT Saipem Dapat Proyek Senilai Rp 6 T

Berita Terkait

batampos.co.id – PT Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB) kembali mendapatkan proyek yang nilainya mencapai 450 juta Dolar Amerika atau sekitar Rp 6 triliun yang merupakan proyek dari BP Tangguh untuk pembuatan peralatan pengeboran gas di Indonesia.

“Beberapa hari lalu, pihak PT SIKB mengundang kita untuk peresmian proyek tersebut. Lamanya pengerjaan proyek nantinya membutuhkan waktu selama 14 bulan atau sampai dengan tahun depan. Jenis pekerjaan yang akan dikerjakan oleh perusahaan asal Italia tersebut hampir sama dengan pekerjaan sebelumnya,yakni seperti peralatan Jangkrik,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Sularno, Jumat (28/4).

Sementara itu Kadisnaker Karimun, Azmi Yuliansyah mengatakan, pihaknya senang mengetahui PT SIKB kembali mendapatkan proyek pekerjaan. Sehingga dampaknya akan memberikan peluang kerja.

“Hanya saja, memang jumlah pekerja yang dibutuhkan PT Saipem untuk mengerjakan proyek BP Tangguh ini tak banyak seperti pekerjaan terdahulu,” ujar Azmi.

Hasil komunikasi yang dilakukan Disnaker, lanjut Azmi, dengan perusahaan bahwa jumlah pekerja yang dibnutuhkan sekitar 400 orang. Perusahaan akan memanfaatkan pekerja yang ada sekarang yang jumlahnya masih ada 4 ribu orang. terdiri dari 2 ribu orang di PT Saipem sendiri dan sisaianya berasal dari bneberapa perusahaan sub kontraktor. Meski demikian, dia meminta kepada perusahaan untuk mendahukukan tenaga kerja lokal.

”Selain tenaga kerja lokal dari Karimun yang harus diutamakan oleh PT Saipem, diharapkan juga mereka pernmah diberhentikan karena habis kontrak dapat direkrut kembali. Dengan demikian, tenaga kerja lokal kita juga mempunyai peran dalam ikut serta mensukseskan pekerjaan di perusahaan tersebut. Di samping itu, pengangguran juga dapat berkurang,” ungakp Azmi. (san)

Update