Buruh angkut pelabuhan sedang memindahkan puluhan kotak lembar soal UN SMP dari kapal ke bak truk polisi, Jumat (28/4). F. Sandi/batampos.

batampos.co.id – Sebanyak 96 kotak soal ujian nasional pensil kertas (UNPK) tingkat SMP sampai di Tanjungbalai Karimun kemarin (28/4) pukul 08.30 WIB. Datangnya soal tersebut mendapatkan pengawalan oleh satu orang anggota polisi dan juga staf dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

”Soal UN SMP ini datang sesuai dengan jadwal. Sebab, pada Sabtu (29/4) akan langsung didistribusikan ke Pulau Kundur, Moro, dan Buru. Karena, Selasa (2/5) ujian sudah mulai dilaksanakan. Seperti biasa, soal-soal akan ditempatkan dulu di Polres Karimun. Dan, jika telah didistribusikan ke pualu-pulau tersebut disimpan di Polsek. Dan, setiap kali akan ujian baru mengambil soal ke kantor polisi. Tujuannya, untuk menjaga kerahasiaan soal,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karimun, Herdan.

Khusus untuk Pulau Parit, Kecamatan Karimun ada satu SMP di sana. Namun, di pulau itu tidak ada Polsek. Sehingga, soal tetap disimpan di Polres Karimun. Apalagi, jarak tempuh dari Pulau Karimun ke Pulau Parit juga tidak jauh. Sehingga, tidak menjadi persoalan jika setiap hari sebelum ujian harus datang untuk mengambil soal. Selain itu, tidak semua guru di SMP Parit tinggal di pulau itu, melainkan ada di Pulau Karimun.

”Guru di SMP yang ada di Pulau Parit tidak perlu datang ke Karimun setiap pagi untuk mengambil soal. Sebab, ada beberapa orang guru yang tempat tinggalnya di Karimun. Sehingga, sebelum berangkat ke Pulau Parit terlebih dulu ambil soal di Polres Karimun. Selain itu, kita juga mengingatkan kepada murid dan para orang tua bahwa jangan percaya bahwa ada bocoran soal, sehingga untuk mendapatkannya harus mengeluarkan uang. Jika ada yang menawarkan hal seperti ini segera laporkan ke polisi,” tegas Herdan.

Menyinggung tentang jumlah mata pelajaran yang diujikan, Herdan menyebutkan, jumlah pelajaran yang diujikan itu sama seperti tahun-tahun sebelumnya. ”Yakni, bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Setiap hari ujiannya hanya satu mata pelajaran. Dan, tahun ini sedikit ada perbedaan, bahwa untuk Jumat (5/5) dan Sabtu (6/5) tidak ada ujian. Melainkan, digantikan dengan Senin (8/5) untuk mata pelajaran IPA,” paparnya. (san)

Respon Anda?

komentar